Yayasan Muslim Sinar Mas Land Gelar Lomba Membaca Al Quran 2023

program berantas buta al quran


Program Berantas Buta Al Qur'an (BBQ) kembali menghadirkan Lomba Membaca Al Qur'an di Masjid Madinatul, Islamic Center Balikpapan, pada 28 Oktober 2023. Program Berantas Buta Al Qur'an ini merupakan garapan Yayasan Muslim Sinar Mas Land (YMSML) sebagai bagian dari gerak CSR Sinar Mas Land yang berfokus pada bidang keagamaan. Dalam mengadakan Lomba Membaca Al Qur'an tahun ini, YMSML menggaet Lembaga Pembinaan dan Pengembangan TK Al Qur'an (LPPTKA), Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI), dan Yayasan Mama Papa 99. Lomba Membaca Al Quran 2023 ini diselenggarakan masih dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional.

Lomba Membaca Al Qur'an 2023 dari Program BBQ ini berlangsung selama satu hari, dimulai dari pagi hingga siang, dan berlanjut dengan acara penutupan setelah shalat Zuhur serta penyerahan hadiah. Acara ini juga menghadirkan pejabat setempat, MUI Kota Balikpapan, Kemenag Kota Balikpapan, dan tak lupa tim manajemen Sinar Mas Land.

Minat warga Balikpapan dalam mengikuti "Lomba Membaca Al Qur'an 2023" tampak dari banyaknya peserta yang mengikuti lomba. Panitia menyebut tercatat sebanyak 310 peserta berusia 6-15 tahun terdiri dari laki-laki dan perempuan yang antusias mengikuti lomba. Mereka yang mengikuti Lomba Membaca Al Quran 2023 dari BBQ, merupakan anak-anak yang telah berhasil membaca Al-Qur’an dengan metode Mama Papa, yakni metode belajar membaca al-Qur’an yang dikembangkan oleh Ust. Muhammad Taslim. Keramaian juga terlihat dari para keluarga, pendamping serta warga yang ingin menyaksikan suasana lomba di Masjid Madinatul Iman atau Islamic Center Balikpapan.

Program BBQ Yayasan Sinar Mas Land

Penilaian lomba ini terdiri dari kategori baca tartil (baca fasih dan perlahan), serta tahfidz (baca hapal) Al Qur'an, yang kemudian dikategorikan lagi menjadi empat. Kategori A - Tartil untuk usia 6-12 tahun. Kategori B - Tahfidz untuk usia 6-12 tahun. Kategori C - Tartil untuk usia 13-15 tahun, dan kategori D - Tahfidz untuk usia 13-15 tahun. Penilaian meliputi berbagai aspek yakni kemampuan tajwid, kefasihan membaca, lantunan tilawah, serta adab bacaan. Penilaian juga termasuk perilaku peserta pada saat mengikuti lomba. Untuk Lomba Membaca Al Qur'an tahun ini, Sinar Mas Land lewat YMSML selaku pihak penyelenggara telah menyiapkan hadiah total sebesar Rp42 juta.


Penutupan dan Penyerahan Hadiah Lomba Membaca Al Quran 2023


Selepas Zuhur, para peserta beserta pendamping dengan antusias merapatkan barisan dengan duduk di dalam masjid. Pun dengan para tamu undangan, penyelenggara dan tim manajemen Sinar Mas Land duduk saling berhadapan membangun keakraban.

Acara yang didaulat selama satu hari ini ditutup dengan sambutan dari beberapa pihak. Atikah Sunarya, selaku Vice President of Corporate Communication Sinar Mas Land menyampaikan bahwa Yayasan Muslim Sinar Mas Land tidak hanya untuk kalangan karyawan SML semata, namun kini bergerak aktif ke masyarakat. Atikah Sunarya juga menyebutkan bahwa adanya Program BBQ bertujuan untuk mengurangi buta aksara (baca) Qur'an yang ada di tengah umat Islam, agar generasi insan muslim-muslimat dapat berpegang teguh pada Al Qur'an.

Sementara, Bambang Setiawan selaku Ketua Yayasan Muslim Sinar Mas Land mengatakan, “Setelah sukses dengan program BBQ pada tahun 2022 lalu di Balikpapan, kami kembali melaksanakan kegiatan ini untuk mengakomodir antusiasme masyarakat terhadap lomba membaca Al-Qur’an dengan wilayah yang lebih luas lagi. Perluasan jangkauan program ini merupakan langkah signifikan yang dilakukan YMSML untuk mencapai lebih banyak Masyarakat, sejalan dengan komitmen kami untuk membantu mengurangi jumlah buta aksara Al-Qur’an di kalangan umat muslim Indonesia. Melalui program tersebut, kami juga ingin mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mendukung langkah positif ini dalam memperkuat nilai-nilai keagamaan sehingga diharapkan dapat menciptakan generasi muslim yang cerdas dan unggul.”

Ketum BKPRMI, yakni Kyai H. Muslikh Umar, menyambut baik kegiatan dari Yayasan Muslim Sinar Mas Land dan berharap terus diadakan. Dirinya juga mengatakan sangat senang pada kegiatan positif yang menghidupkan masjid, dan berharap semoga ke depannya di Grand City Balikpapan juga tersedia masjid. Mengingat Sinar Mas Land merupakan kawasan yang terintegrasi dengan pusat ibadah. Sedikit berkelakar, Muslikh Umar menyebut bila umat muslim melihat masjid itu bagai melihat orang yang disuka, sembari mencolek Ust. Ahmari Siddiq, selaku Direktur LPPTKA - BKPRMI, yang juga tampak hadir dalam acara.

Program BBQ Yayasan Muslim Sinar Mas Land
Ahmari Siddiq, selaku Direktur LPPTKA - BKPRMI


Selain itu, tampak hadir pula H. Shaleh, Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur. Acara pun ditutup oleh Budi Mulyatno, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Kota Balikpapan, selaku pihak yang mewakili Wali Kota Balikpapan, dilanjutkan dengan doa penutup dari Habib Mahdar Abu Bakar Al-Qadri, selaku Ketua Umum MUI Kota Balikpapan.

Tibalah di penghujung acara, waktu yang ditunggu-tunggu peserta, yakni penyerahan hadiah. Selain 4 kategori dari para peserta lomba anak-anak, penghargaan juga diberikan untuk ketegori penilaian TPA terbaik.

Program BBQ Yayasan Sinar Mas Land
Pemenang Kategori A

Program BBQ Yayasan Sinar Mas Land
Pemenang Kategori B

Program BBQ 2023
Pemenang Kategori C

Program BBQ dari Yayasan Muslim Sinar Mas Land
Pemenang Kategori D

Program BBQ dari Yayasan Muslim Sinar Mas Land
Juara Umum TPA, Nurul Haq



Yayasan Muslim Sinar Mas Land (YMSML) dan Program Berantas Buta Al-Quran (BBQ)


Yayasan Muslim Sinar Mas Land (YMSML) merupakan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Sinar Mas Land yang awalnya berfungsi untuk kegiatan keagamaan perusahaan, kemudian berkembang untuk berbagi kebaikan bagi masyarakat di sekitar.

YMSML pun terus mendekatkan diri ke masyarakat, dengan melakukan beragam program, di antaranya bantuan sembako kepada masyarakat, azar minyak goreng, penyediaan sentra vaksin bagi lansia dan takmir masjid, penyerahan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha, program wakaf Al-Qur’an untuk negeri, pemeriksaan kesehatan dan gigi gratis kepada masyarakat umum, hingga menginisiasi kegiatan membaca Al-Qur’an lewat sebuah program bernama Berantas Buta Al-Qur’an (BBQ). Program ini dilaksanakan bekerja sama dengan Yayasan Mama Papa.

Program BBQ dari Yayasan Muslim Sinar Mas Land
Juara 2 dari Kategori A


Program Berantas Buta Al-Quran (BBQ) di Balikpapan adalah inisiatif yang sangat penting dalam upaya meningkatkan pemahaman dan penghafalan Al-Quran di kalangan umat Islam, khususnya di Balikpapan. Program BBQ dikenalkan pertama kali pada tahun 2018. Pada tahun yang sama dan 2019 lewat program ini, diberikan Training of Trainers (ToT) kepada 600 ustadz dan guru mengaji dari ratusan masjid dan musala. Kegiatan tersebut diadakan di BSD City. Pada 2021, Program BBQ diselenggarakan secara daring. Dari Program BBQ inilah lahir kegiatan tahunan Lomba Membaca Al Quran, yang para pesertanya telah sukses menerapkan membaca Quran dengan metode Mama Papa bersama Yayasan Mama Papa. Lomba Membaca Al Quran di Balikpapan merupakan garapan sukses dari Yayasan Muslim Sinar Mas Land, dan semogakegiatan ini menjadi kegiatan rutin tahunan yang terus berkembang.

Program BBQ dari Yayasan Muslim Sinar Mas Land


*** 

0 Comments