[REPORTASE ] SKUTIK PENJELAJAH RESMI HADIR DI BALIKPAPAN


Untuk kalian pecinta motor skutik mesti mengacungkan tangan dan untuk kalian yang berharap skutik juga bisa dibawa traveling dan berpetualang, mari maju ke depan.

Saya sering mendengar curhatan para penikmat motor skutik berkata kalau motor skutik bukan motor berpetualang, kurang berani, serta ungkapan lain bila skutik lebih cocok untuk perempuan. Maksudnya kurang jantan gitu. Hmm masa’ sih?

Berbekal pemahaman terhadap selera konsumen, sebenarnya motor skutik nan gagah sudah dikeluarkan Honda. Tengok saja Forza, skutik premium yang mewah yang dikenalkan pada Februari lalu di Balikpapan.


Kali ini, masih dengan niat baik memenuhi selera dan gaya hidup konsumen, Astra Honda Motor mengenalkan lagi jagoan teranyar mereka dari lini skutik. Saya sebut jagoan, karena tampilan skutik ini prima dan gagah. Perkenalkan ADV150, yang sesuai namanya menggunakan mesin 150cc eSP (enhanced Smart Power) berpendingin cair dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI.

UNTUK HARI-HARI SIBUK DAN BERPETUALANG

Bertempat di Resto Bellagio, Jatra Hotel, Astra Honda Motor Balikpapan mengenalkan Honda ADV150 yang telah diluncurkan beberapa bulan sebelumnya secara nasional. Acara press conference Astra Honda Motor Balikpapan kali ini menampilkan dua produk motor Honda sekaligus, yakni Honda ADV150 yang ada pada tulisan ini dan Honda Genio pada tulisan berikutnya.


Honda ADV150 lahir untuk mereka yang ingin mengaktualisasi diri sehari-hari di jalan raya dan dan tetap bisa bepergian kemana pun pada akhir pekan. 
“Honda ADV150 didesain untuk menghadirkan pengalaman berkendara yang berbeda melalui desain yang futuristik dan manly. Performa dan fitur-fitur unggulan yang disematkan pada skutik ini pun mendukung pengendara yang memiliki daya jelajah dan durabilitas tinggi dalam menghadapi kondisi jalan,” ujar Darma Wijaya selaku Region Head Astra Motor Balikpapan.
Kelahiran Honda ADV150 selain untuk menjawab kebutuhan sehari-hari layaknya pergi ke sekolah, kantor, dan semua aktivitas weekdays, Honda ADV150 juga kompeten menjawab kebutuhan konsumen terhadap adanya skutik berkarakter penjelajah. Ini mengapa Honda ADV150 disebut-sebut sebagai motor dua alam, yakni layak untuk onroad dan juga untuk adventure. Motor matik futuristik ini memang lebih tepat disebut mampu berkompromi dengan kegiatan adventure di jalan aspal dan berbatu namun tidak ditujukan sepenuhnya untuk kegiatan ekstrim. Bapak Yehezkiel Felix, Manager Marketing Astra Motor Balikpapan menyebutkan “kemampuan Honda ADV150 lebih ditujukan untuk menjelajah, bukan kegiatan ekstrim atau offroad yang berlumpur.”


SPESIFIKASI HONDA ADV150

Motor matik Honda ADV150 benar-benar serius menyipratkan rasa kagum bagi pengendaranya bahkan ketika belum menaikinya, karena bodi Honda ADV150 yang mengadopsi motor besar. Desain futuristik dengan penyematan fitur-fitur canggih membuat sensasi berkendara lebih memuaskan. 

Dari sisi desain muka, jarak terendah dengan tanah setinggi 165mm, dengan windscreen bak motor super heroes cop yang dapat diatur tinggi-rendahnya tanpa membuka baut. Setiap lekukannya tampak energik dan sporti, sehingga Honda ADV150 ini disebut sebagai SKUTIK MANLY. Bagian depan tampak menyorong, dengan bagian lampu layaknya sepasang mata yang tajam. Keseluruhan tata cahaya pada skutik ini menggunakan teknologi full LED dan dilengkapi sistem Daytime Running Light (DRL) yang modern. Sedangkan lampu belakang dan lampu sein LED dipadukan dengan sepatbor sebagaimana layaknya motor besar. Untuk lampu belakangnya sendiri menggunakan LED pattern berbentuk ‘X’ nan futuristik.
tampilan depan Honda ADV150


test riding
in frame : Rosanna Simanjuntak

Pijakannya khusus di mana satu kaki berpisah dengan satu lainnya. Pegangan lebih tinggi sehingga pengendara nampak lebih prima dan tulang punggung terasa lebih nyaman saat melintasi jalanan di berbagai kondisi.
pijakan kaki Honda ADV150

Pengukur kecepatan berkendara dapat diketahui lewat sistem digital panel yang lebih kompleks dengan layar besar yang juga menampilkan informasi seputar indikator aki, konsumsi bahan bakar rata-rata, konsumsi bahan bakar instan, indikator penggantian oli mesin jam, jam, tanggal (saat sekarang), Trip A dan Trip B serta indikator suhu luar yang pertama di kelas skutik ini.
digital panel meter

Bagian muka pengendara lainnya adalah console box, wadah untuk menaruh barang yang dilengkapi pula DC Power Charger. Pada sistem penguncian dan keamanan masih menggunakan Honda Smart Key System yang menambahkan kesan mewah dalam penggunaan.

Bagian joknya memiliki bagasi luas yang dapat memasukkan helm dan barang-barang kebutuhan lain

Model ban besar yakni semi dual purpose pattern berukuran 110/80 – 14 pada bagian depan dan 130/70 – 13 pada bagian belakang. Kedua roda disematkan wavy disc brake di mana bagian depan berukuran 240mm dan pada roda belakang sebesar 220mm. Sistem penggantungan roda bagian belakang ditambahkan twin subtank rear suspension untuk memberikan kenyamanan dan kestabilan yang optimal saat menikung, jalan bergelombang dan saat berboncengan. Secara keseluruhan desain roda berkendara ini dibuat untuk sigap meluncur di jalanan serta memberikan stabilan dalam melakukan pengereman dan pengendara pun mampu tampil mengesankan.

wide tired with semi dual purpose pattern


UJI BERKENDARA HONDA ADV150

Berdasarkan hasil tes internal dengan metode ECE R40 EURO 3, konsumsi bahan bakar menunjukkan angka 46,6 lm/liter (untuk fitur ISS on) di mana skutik ini mampu menempuh jarak hingga 373 km dalam sekali pengisian penuh bahan bakar.

TIPE DAN PILIHAN WARNA HONDA ADV150

Tipe Honda ADV150 terbagi dua :

1) ABS – ISS (ABS = Anti-lock Braking System) (ISS = Idling Stop System)

Tipe ini dilengkapi Emergency Stop Signal (ESS) di mana ESS akan mengaktifkan lampu hazard saat melakukan pengereman mendadak. Tujuannya memberikan peringatan kepada pengendara di sekitarnya khususnya pada posisi belakang kendaraan untuk menghindari kemungkinan kecelakaan. 

Pilihan warna pada tipe ini yakni : Advance Red dan Advance White

2 ) CBS – ISS (CBS = Combi Brake System) (ISS = Idling Stop System)

Pilihan warna pada tipe ini adalah : Tough Matte Brown, Tough Matte Black, Tough Red dan Tough Silver.

Sehingga total ada 6 pilihan warna dari Honda ADV150. Kedua tipe Honda ADV150 ini memiliki fitur ISS khas Honda yang membuat mesin mati otomatis saat berhenti dan menyala kembali dengan memutar tuas gas. ISS berdampingan dengan ACG starter yang dilengkapi kemampuan tetap halus saat mesin dinyalakan.

HARGA HONDA ADV150

Untuk tipe ABS – ISS dipasarkan Rp 39.320.000,00 dan untuk tipe CBS-ISS dipasarkan Rp 36.320.000,00. 

PENUTUP

Tampilan keren Honda ADV150 didesain untuk siapa pun yang mencintai skutik dan menginginginkan tampilan gagah dari motor matic baik saat saat digunakan sehari-hari maupun saat menjelajah. Sehingga mereka yang menyukai hobi traveling atau traveling as lifestyle di zaman sekarang mampu memperkaya cita rasa sporti dengan motor skutik manly. Keseluruhan ADV150 yang futuristik tidak hanya memberikan kesan mewah namun juga kesan aman, nyaman dan puas berkendara.
***

TAMBAHAN INFORMASI
-Tulisan ini merupakan hasil reportase dan bukan merupakan review produk.
-Harga ini berdasarkan press conference pada 24 Agustus 2019 di Balikpapan.  Untuk kemudahan informasi dan penawaran selanjutnya dapat menghubungi Dealer Honda Kaltim terdekat.

Salam,
LM - AM

No comments:

Post a Comment

Hai, bila tidak memiliki link blog, bisa menggunakan link media sosial untuk berkomentar. Terima kasih.