[REPORTASE] : SI MEWAH FORZA, SKUTIK PREMIUM NAN GAGAH


Astra Honda Motor - Forza

Ada yang berbeda di Launching Forza di Balikpapan kali ini, yakni hadirnya konsumen Forza yang turut membawa serta motor skutik beken yang sebenarnya khusus di Balikpapan baru dirilis tepat 2 Februari 2019 tersebut. 

Sabtu, sore hari di Warung Koffie Batavia-Pentacity, telah banyak kedatangan awak media baik dari berbagai kalangan untuk ramai menghadiri press-conference atas lahirnya motor Forza di Balikpapan, besutan yang tak lain dan tak bukan dari Astra Honda Motor.


Forza bagi saya, adalah skutik berbadan bongsor yang nampak gagah dan berstamina. Lahirnya Forza sendiri tak lepas dari penantian pencinta skutik besar di tanah air, khususnya pecinta motor Honda. Bak dipahat dewa, nyaris setiap lekukan Forza adalah maha karya. Untuk saya yang bertubuh mungil, bisa langsung merasa terintimidasi. Bagaimana tidak, setiap lekukan bodi Forza tersirat kemewahan dengan sebagian lekukannya nampak agresif dan sporti. Fitur-fitur canggih kekinian pun dimuat, sehingga Forza menjadi skutik mewah pertama di kelasnya yang serasa mobil.

Astra Honda Motor - Forza
Bersama konsumen Forza

Skutik premium dengan mesin 250cc SOHC berpendingin cairan ini didesain dengan menyematkan fitur terbaik electrical adjustable windscreen sebagai pengatur ketinggian whinshield. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan agar pengalaman berkendara semakin nyaman. Selain itu, untuk mencegah ban slip, Forza dilengkapi juga Honda Selectable Torque Control (HTSC) sebagai pengontrol traksi sepeda motor. Tampilan fitur kombinasi digital panelmeter yang informatif dan lengkap, seperti, ketersediaan bahan bakar, HSTC, indikator perawatan, trip meter, kecepatan dan RPM, sungguh menyiratkan decak kagum dan ‘waw’. Dengan bodi yang besar pun, skutik cita rasa kelas atas ini pun dapat menyimpan 2 helm dan barang bawaan lainnya dalam bagasinya, extra large U-Box.


“Astra Motor tidak ingin berhenti mewujudkan mimpi masyarakat memberikan beragam produk terbaik. Oleh karena itu, kami menghadirkan Honda Forza di Balikpapan yang telah lama ditunggu oleh pecinta skutik besar,” demikian pesan yang disampaikan Darma Wijaya selaku Region Head Astra Motor Balikpapan.


Penerapan lampu berbasis LED pada Forza jauh lebih kompleks karena tersemat di semua titik pencahayaan mulai dari lampu depan, lampu belakang dan lampu yang terdapat pada cover spion, sehingga pencahayaan memang lebih baik.


Setara dengan produk Honda lainnya, Forza pun dilengkapi dengan Honda Smart Key System yang terintegrasi dengan alarm anti maling dan Answer Back System. Pada rak bagian depan, disematkan DC socket untuk mendukung aktivitas maksimal dari penggunanya. Tak lupa, fitur passing lamp dan lampu hazard yang berfungsi sebagai sinyal antara pengendara Forza dengan pengendara lain saat di jalan, terutama dalam keadaan darurat. 
Astra Honda Motor - Forza

Tenaga maksimum yang mampu dicapai skutik bongsor ini adalah 17,3 kW/7500 rpm. Untuk ban tubeless pada bagian depan berukuran 120/70 dengan ring 15 M/C dan pada bagian belakang beruuran 140/70 dengan ring 14 M/C. Pada bagian pengereman, skutik premium ini dilengkapi cakram depan dan belakang yang menggunakan sistem ABS 2 Channel.


TENTANG HARGA

Ada tiga warna yang tersedia untuk Forza : Pearl Horizon White, Sword Silver Metallic, Mat Gunpower Black Metallic yang dijual dengan harga yang tak kalah wah yakni berkisar 78juta-an. Konsumen yang telah hadir di Launching Forza kali ini menyebutkan, bahwa untuk bisa memperolehnya beliau harus indent lebih dahulu. Tapi, memang soal rasa, nilai dan performa, layak diunggulkan, demikian ungkap konsumen pecinta skutik ini yang telah mengendarai Forza-nya berkeliling kota. 

***
====

Disclaimer :
Tulisan ini adalah reportase, bukan merupakan review produk.




Salam,
Lidha Maul


2 comments:

  1. Wah keren banget! bodinya gagah, banyak motor keluaran terbaru yang modelnya kayak gini..
    Jadi pengen ganti motor.

    ReplyDelete

Hai, bila tidak memiliki link blog, bisa menggunakan link media sosial untuk berkomentar. Terima kasih.