ALL NEW HONDA PCX HYBRID : MOTOR HYBRID PERTAMA DI INDONESIA KINI HADIR DI BALIKPAPAN

PCX Hybrid di Balikpapan



Belum genap 1 bulan dari launching New Honda CB150R Streetfire dan mengenalkan Varian baru CBR250RR, pada akhir bulan Agustus lalu, PT. Astra Honda Motor Balikpapan kembali mengenalkan produk kendaraan roda duanya. Kali ini, PT. AHM mengejutkan Balikpapan dengan menghadirkan kendaraan roda dua hybrid pertama di Indonesia, All New PCX Hybrid yang bertempat di Gn. Malang pada Sabtu, 8 September 2018.


SEBELUMNYA : New Honda CB150R StreetFire dan Varian Baru Honda CBR 250RR

PCX Hybrid di Balikpapan
Launching PCX Hybrid di Balikpapan

PCX Hybrid di Balikpapan, 8 September 2018

All New Honda PCX Hybrid ini merupakan generasi ke-4 dari generasi PCX. New PCX Hybrid sendiri pertama kali dikenalkan di global dunia, Tokyo pada Oktober, 2017. Tahun ini, dengan desain yang lebih mewah, All New Honda PCX Hybrid diproduksi oleh anak bangsa, siap dikenalkan kepada masyarakat pecinta skutik berteknologi dan berkenyamanan tinggi. Istilah hybrid pada All New Honda PCX Hybrid ini karena menggunakan baterai lithium-ion yang ditempatkan di bagian bawah jok.  Pengisian baterai ini bukanlah dengan cara konvensional, karena tanpa perlu repot-repot mencari colokan listrik, baterai bisa terisi sendiri saat mengendarai motor. Teknologi hybrid yang disematkan pada Honda PCX Hybrid bekerja saat tuas gas diputar dengan cepat. Tujuannya untuk meningkatkan torsi sehingga membuat sensasi akselerasi lebih responsif.

PCX Hybrid di Balikpapan
Sumber : Astra-Motor

Berdasarkan pemaparan pihak manajemen Astra Motor Balikpapan, hybrid pada Honda PCX Hybrid ini bukan merupakan full hybrid, melainkan disebut pararel hybrid yakni digunakan saat kondisi tertentu, terutama saat akselerasi. 

Sedangkan penampakannya, memang sepintas tidak jauh berbeda dari PCX sebelumnya. Honda PCX Hybrid ini dipercantik warna biru gelap (nyaris hitam) dengan tambahan logo hybrid di sisi bodi, sehingga kesan mewahnya memang tidak dapat ditampik. Skuter premium berteknologi ini dipermanis dengan fitur baru full digital panel meter yang canggih dan informatif, lewat mode riding mode-nya pula dapat diketahui pengisian baterai dan indikator baterai lithium. Semua sistem pencahayaan pada All New Honda PCX Hybrid ini menggunakan LED. Desain kenyamanan lainnya adalah DC untuk power charger (mengisi ulang, mis: handphone) pada konsol box di sisi depan.  Pembeda lain PCX Hybrid dengan PCX series sebelumnya adalah adanya Honda Smart Key System dengan alarm anti maling serta Answer Back System. All New Honda PCX Hybrid juga dilengkapi dengan eSP (enhanced Smart Power). Rem canggihnya berteknologi ABS, untuk mencegah ban selip.

MODE BERKENDARA
Pada stang sebelah kiri, terdapat mode berkendara yang nampak canggih. Ada 3 mode berkendara :
D, atau Drive yakni mode standar saat motor dinyalakan.
S, atau Sport mode, yakni untuk kebutuhan pengguna yang ingin melakukan akselerasi lebih dibanding mode drive.  Dan Idling, berkendara tanpa mengaktifkan fitur Idling Stop dengan performa layaknya mode Drive.
PCX Hybrid di Balikpapan
Sumber : Astra-Motor

LEBIH IRIT
Pihak Astra Motor Balikpapan mengklaim Honda PCX Hybrid lebih irit 2-3 % dibanding PCX biasa. Skutik premium mewah berbadan besar ini memiliki tangki BBM yang juga besar di kelasnya yakni 8L. Terdapat fitur praktis untuk membuka tangki berupa tombol. Dan jok yang terintegrasi dengan kunci kontak. Tidak perlu khawatir saat menyimpan dan mengeluarkan barang, karena ada seat stopper yang bisa menahan jok agar tidak buru-buru tertutup.


HARGA DAN PANGSA PASAR
Mengenai pemasaran PCX Hybrid, apakah akan ada pembelinya? Astra Motor Balikpapan sendiri telah memberikan pernyataan bahwa Honda PCX Hybrid telah terjual di daerah Babulu (Kab. Penajam Paser Utara) yang artinya peminatnya ada dan akan terus ada khususnya daerah Katim-Kaltara. All New Honda PCX Hybrid yang telah dihadirkan baru-baru ini dibandrol dengan harga 43juta-an. Harga ini mungkin akan sangat bervariasi dengan daerah lain. 
PCX Hybrid di Balikpapan
Persiapan

PCX Hybrid di Balikpapan, test ride
Test ride

Selain press conference, diadakan pula riding test Honda PCX berhibrida ini dengan membandingkannya dengan PCX seri sebelumnya. Hasilnya? Salah satu blogger dan pengguna yang mencoba berkendara, memang merasakan sensasi ‘waw’ yang berbeda antara Honda PCX satu dengan Honda PCX Hybrid.
***

**disclaimer : tulisan ini merupakan reportase dan blog ini bukan merupakan blog otomotif.

Untuk informasi lain:
Instagram : @welovehonda.kaltim
Twitter : @hondabalikpapan
FP : @hondakaltimtara


Salam,
Lidha Maul

1 comment:

  1. wahhh pasti ini memenuhi pangsa pasar nasional... sangat jempol...., #DuniaFaisol

    ReplyDelete

Hai, bila tidak memiliki link blog, bisa menggunakan link media sosial untuk berkomentar. Terima kasih ^_^