Pertama Kali Beauty Treatment di ZAP Clinic Samarinda

zap clinic samarinda

Selalu ada hal pertama dalam hidup!

Dan ini pertama kalinya saya melakukan perawatan di sebuah klinik kecantikan. Selama ini saya hanya melakukan perawatan wajah di ranah pribadi, di rumah saja, oleh diri sendiri, pun tidak pernah ke rumah-rumah kecantikan serupa.

Makanya, cukup surprise juga karena akhirnya rezeki bisa mampir ke ZAP Clinic Samarinda. Meskipun belum pernah ke klinik kecantikan, nama ZAP Clinic bukan sesuatu yang asing lagi. Klinik yang telah melakukan lebih dari enam juta prosedur perawatan ini, menjadi impian dan kepercayaan bagi banyak orang tuk melakukan seangkaian perawatan kecantikan dan kesehatan kulit. ZAP Clinic sudah tidak diragukan lagi. Klinik ini telah banyak mendapatkan penghargaan, pengakuan, siap mengutamakan kualitas, pelayanan, serta telah hadir dengan puluhan cabang yang menyebar di Indonesia. Namanya mudah diingat, ZAP hadir sebagai klinik kecantikan dan kesehatan dengan perawatan berbasis laser andalan serta perawatan hair removal yang inovatif.

Treatment yang dilakukan merupakan Improvement Treatment oleh ZAP. Ini dikarenakan ZAP selalu melakukan pengembangan treatment dengan tujuan untuk memberikan hasil terbaik dan menghadirkan treatment baru yang dikembangkan sesuai kebutuhan.

Kelebihan ZAP adalah secara berkala terus mengukur efektivitas treatment, untuk mendapatkan hasil optimal dibanding sebelumnya.


ZAP Clinic Samarinda

Oktober ini ZAP Clinic resmi membuka cabangnya di Samarinda. Grand openingnya bertepatan pada hari Jumat, 21 Oktober 2022, dan sudah menerima pelanggan sejak 8 Oktober. Sementara saya baru kesampaian berkunjung pada 9 November 2022. Hanya tertunda beberapa hari ya sebenarnya.

ZAP Clinic Samarinda berlokasi di Big Mall Samarinda Lantai LG Unit LG/M-012. Lokasi ZAP Clinic ini sangat mudah saya temukan, karena berada berhadapan dengan parkir dan langsung dapat terpantau mata. Big Mall Samarinda sendiri berlokasi di Kel. Karang Asam Ulu, Kec. Sungai Kunjang, tidak jauh dari jembatan Mahakam. Sebagai orang Balikpapan yang sudah lama tidak ke Samarinda, dan sedang tidak punya banyak waktu untuk berkeliling kota, kemudahan lokasi ini jadi bentuk syukur bagi saya.
ZAP Clinic di Big Mall Samarinda - mudah dicari

ZAP Clinic Big Mall Samarinda

Selain lokasi yang strategis, pelayanan dan keramahan ZAP Clinic ini patut mendapat apresiasi. Sebagai newbie dalam hal ‘pergi ke klinik kecantikan’, para staf ramah dan profesional, yang membuat saya jauh lebih nyaman dan tetap bisa interaktif.

ZAP Clinic Big Mall Samarinda

Ketika memasuki ZAP Clinic Samarinda, mata saya beradu dengan ragam display skincare bermerek ZAP yang ditata bersusun dengan pantulan kilau kaca. Selama beberapa waktu menunggu, saya jadi tahu kalau kaca-kaca itu rutin dibersihkan. Pantas kilaunya bagus sekali, sampai sulit melihat adanya debu-debu yang menempel. Mungkin sudah menjadi protokol kesehatannya demikian. Selain itu, adanya air purifier di setiap ruangan juga menjadi bentuk kelegaan yang diberikan ZAP Clinic bagi para pelanggannya.
ZAP Clinic Big Mall Samarinda
produk ZAP cosmetic dan skincare. Tersedia tester untuk mencoba

Ruang tunggu ZAP Clinic Samarinda ini langsung berhadapan dengan front office. Ada dua sofa terpisah berbentuk L dengan sebuah meja, dengan vas bunga diletakkan di pojok. Memang ruangannya tidak besar, tapi saya suka dengan kenyamanannya. Beberapa lukisan terpaut di dinding. Warna ruangan didominasi putih, sedikit abu-abu, dan warna kayu pada dinding-dinding lorong dan ruang tindakan. Warna hijau muda daun sebagai warna identitas brand ZAP menempel di dinding, menjanjikan para pelanggan yang senang akan kesegaran. Beberapa permen dan air minum dengan gelas bertuliskan ZAP, disediakan untuk pelanggan yang sedang menunggu.
ZAP Clinic Big Mall Samarinda

ZAP Clinic Big Mall Samarinda
Dari ruang tunggu, terdapat lorong yang terhubung dengan beberapa ruang tindakan. Saya perhatikan ada ranjang untuk prosedur tindakan. Setiap kali ada tindakan, bed sheet akan digantikan. Btw, toiletnya aja bersih, tisu diganti setiap kali habis. Kok tahu? Karena saya suka minum air putih, jadi rutin deh ke toilet.

Secara keseluruhan, desain interiornya membantu bagi para pelanggan yang senang berswafoto. Suasananya tidak mengganggu mata, atau bikin jenuh untuk saya yang menunggu cukup lama. Maklum, saya berangkat pagi dari Balikpapan dan tiba sebelum mall buka (pukul 10.00 WITA). Sementara, jadwal treatment saya pukul 12.30 WITA. Jadi, mau ngapain selama waktu itu? Ya bisa ke keliling mall, atau nunggu aja di ZAP Clinic, enak kok.
ZAP Clinic Big Mall Samarinda
menunggu waktu treatment di ZAP Clinic Samarinda


Proses Pelaksanaan Treatment

Booking di ZAP Clinic

Saya sudah melakukan proses booking sebelum hari H. 
Proses booking ini adalah bagian dari prokes ZAP Clinic, untuk mengetahui bahwa klien memang orang yang sama yang akan datang pada hari treatment, sesuai waktu yang disepakati. 

ZAP Clinic sangat berkomitmen dalam ketepatan waktu ini. Bila klien belum memasuki ruangan 20 menit dari waktu jadwal treatment, klien berhak mendapatkan recovery benefit Rp. 199,000 di ZAP Clinic. Reservasi treatment berlaku untuk klien yang sudah memiliki Series, Gift Certificate dan Membership. Tetapi, bila kalau klien yang terlambat dari jadwal perawatan seharusnya, diwajibkan mengikuti antrian sesuai ketersedian slot.


Konsultasi Bersama Ahli

Sesuai prosedur, pukul 12.30 merupakan jadwal yang saya punya untuk tindakan treatment. Namun, sebelum waktu itu, saya diminta memasuki ruangan lebih dulu untuk berkonsultasi dengan dokter ahli. Oh iya, kedatangan saya ke ZAP Clinic Samarinda ini bersamaan dengan kawan-kawan bloger Balikpapan juga. Tepat ketika konsultasi, saya berbarengan dengan Kak Rosana Simanjuntak.
ZAP Clinic Big Mall Samarinda
konsultasi dengan dr. Sy. Qorina Aulya Al Hamid

Sebelum treatment wajah, harus dipastikan dulu bahwa klien berada dalam kondisi kesehatan yang aman, tidak sedang dalam pemakaian obat-obatan, alergi, sesak napas,  vitiligo, cacar dan penyakit kulit lain, atau dalam keadaan hamil. 

Oleh dr. Sy. Qorina Aulya Al Hamid yang humble dan friendly, saya diminta menceritakan kondisi kulit yang dimiliki, dan beberapa pertanyaan seputarnya. FYI, kulit saya cenderung kering ke normal, tidak memiliki flek, tidak berjerawat atau bekas jerawat (dalam kondisi banyak ya), tidak (merasa) punya komedo, tetapi bukan berarti tidak punya masalah ya. Di usia yang sangat banyak ini, saya sudah memiliki garis-garis halus di dahi, di seputar bawah mata, juga smiling line, lalu pori-pori membesar, serta guratan kasar yang memang tidak banyak, tetapi jelas ada.
ZAP Clinic Samarinda
cek kondisi kulit wajah di bawah penyinaran

Dokter Qorina kemudian melakukan pengecekan wajah saya di bawah alat bercahaya, dan hasilnya memang kulit saya kering, dan seperti beberapa yang sudah disebut di atas. Ini perlu saya sampaikan, untuk memaparkan bagaimana hasil setelah treatment nantinya. Apakah saya merasa biasa-biasa saja? Atau memang benar ada hasilnya? Karena meski treatment yang kita lakukan baru sekali, tetap harus ada hasil nyata yang kita rasakan ya.

Oya, dr. Qorina mengingatkan tentang perawatan sehari-hari yang nggak boleh di-skip, yakni sunscreen/sunblock. Sementara saya baru tahu perawatan tabir surya ini di umur 30, hihihi.

Dari hasil konsultasi dengan dr. Qorina, saya dianjurkan untuk melakukan beauty treatment Photo Facial Glow. Treatment ini yang paling tepat karena permasalahan wajah saya tidak cukup banyak, kecuali kering, dan mulai bergaris. Beberapa paket beauty treatment juga disediakan kok di ZAP Clinic. Dengan baik, dr. Qorina mengenalkan beberapa perawatan lain seperti ZAP Photo Facial (Photo Facial Glow dan Photo Facial Acne), Hair Removal, Body Rejuvenation, Fleck Blocker.

Namun, untuk permasalahan eyebag alias kantung bawah mata, dr. Qorina mengatakan treatment untuk itu belum ada di ZAP Clinic Samarinda. “Semoga nanti bisa menyusul,” lanjutnya.


Waktunya Treatment

Setelah konsultasi, saya kembali menunggu sesuai jadwal yang disepakati, yakni 12.30 WITA. Dan, benar, ZAP konsisten dengan ketepatan waktunya. Saya masuk ke ruang tindakan dengan bed sheet yang sudah diganti. Prosedur berlangsung selama 35 menit. Setiap kali nurse melakukan tindakan, maka akan disampaikan lebih dulu apa yang akan diaplikasikan ke wajah saya.

ZAP Clinic Big Mall Samarinda


Ada tiga tahap dalam Treatment Photo Facial Glow, yakni Laser Toning Alma Beauty Rejuve Oxy Infusion.


Pertama, wajah saya dibersihkan lebih dulu, dengan facial wash lebih dulu. Kemudian, nurse melakukan oxy cleansing, yang rasanya seperti uap dingin. Sewaktu awal dibersihkan juga terasa dinginnya. Setelahnya dibersihkan kembali dengan toner, baru proses laser. 

Setelah beres tahap pertama, maka masuk ke tahap Alma beauty rejuve. Lagi-lagi, wajah dioleskan dengan gel, lalu disinari. Baik laser dan penyinaran, tidak ada yang menyakitkan. Tetapi, untuk pemula seperti saya, memang sedikit mengagetkan. 

Setelah tahap kedua selesai, masuk ke tahap Oxy Infusion. Sama seperti oxy cleansing, wajah dipaparkan uap yang dingin, namun kali ini uapnya wangi, enak deh. Karena di tahap terakhir ini ada pemberian serum ke wajah saya.

Selesai sudah semua tahap, dan dokter menyampaikan untuk tidak menggunakan skincare lebih dahulu selama dua hari, terutama yang mengandung retinol dan AHA BHA. Namun, tetap boleh menggunakan tabir surya serta pelembab. Untuk penggunaan kosmetik masih oke, asal tidak berlebih. Setelah selesai, saya hanya pakai pemulas bibir, agar tidak kering dan terlalu pucat.



Treatment Photo Facial Glow


Photo Facial Glow ini merupkan bagian dari paket treatment ZAP Photo Facial. Tujuannya untuk :
  • Membuat kulit wajah tampak glowing natural
  • Meratakan warna kulit wajah
  • Merangsang regenerasi kolagen
  • Mengecilkan pori-pori dan melembabkan wajah
  • Membantu kulit lebih kencang.

Photo Facial Glow memiliki 3 tahapan :

1) Laser Toning = IDR 499.000

Berfungsi untuk memudarkan flek, termasuk bekas jerawat, meratakan warna kulit, mencerahkan, serta mengecilkan pori-pori. Teknologi laser yang dipakai merupakan teknologi laser terbaik dari Eropa.

2.) Alma Beauty Rejuve = IDR 299.000

Menggunakan teknologi berbasis cahaya, yakni Advanced Fluorescence Technology (AFT). Tujuannya untuk menyamarkan flek hitam, mengurangi bakteri termasuk bakteri penyebab jerawat. Hasil treatment ini akan membuat wajah lebih lembab, tekstur kulit kembali ke alaminya, pigmentasi berkurang.

3. Oxy Infusion = IDR 199.000 

Tahap terakhir ini merupakan tahap pemberian oxygen ke kulit wajah. Dengan banyaknya radikal bebas, kulit membutuhkan oksigen agar lebih segar, bersih dari kotoran dan debu yang telah menempel di kulit. Pada tahap ini kulit saya juga diberikan spray serum bertekanan tinggi yang langsung diserap pori-pori. Tujuannya agar kulit lebih cerah, lebih lembab.

ZAP Clinic Big Mall Samarinda
after treatment : lebih lembut, mulus, lembab, dan terasa lebih kencang
foto : no filter


Tips Nge-ZAP Hemat ZAP Series

Treatment Photo Facial Glow ini bernilai IDR 997.000. Tetapi, klien bisa membayar hanya IDR 749.000 dengan menggunakan promo perawatan ZAP Series minimal 4x. Dengan menggunakan paket ZAP Series, klien bisa mendapatkan harga spesial yang jauh lebih murah dari harga normal. Info lengkap bisa cek di @zapcoid
ZAP Clinic Big Mall Samarinda




After Treatment

Setelah treatment, memang wajah terasa jauh lebih segar, tidak kusam, kering dan pucat seperti sebelumnya. Awalnya, wajah saya sempat kemerahan di satu area, tetapi setelah beberapa menit terlalu, hasilnya baik-baik saja. Kalau dielus, wajah terasa lembab, dan mulus. Pokoknya wajah udah kayak mahakarya. Malah takut kalau dipegang-pegang terus, ntar retak, eh..canda.


Selama 3 hari, saya juga tidak mengaplikasikan skincare selain tabir surya. Memang dasarnya nggak rajin ya, jadi ketika diminta nggak pake ini-itu, ya alhamdulillah. Juga tidak boleh banyak terpapar sinar matahari, atau kenapasan. Tetapi, setelah 3 hari berlalu, sudah bisa beraktivitas kembali. Selama 3 hari berlalu ini, kulit wajah saya tetap baik-baik saja, masih seperti selesai treatment, tidak ada permasalahan. Menurut dr. Qorina, treatment aman dilakukan kembali setelah satu minggu.

Selesai dari ZAP Clinic Samarinda, saya dan kawan-kawan menuntaskan lapar, berbelanja sedikit oleh-oleh, dan pulang ke Balikpapan. Thank you ZAP, and Happy ZAP Life.
ZAP Clinic Big Mall Samarinda
nge-ZAP bareng besti. Happy ZAP Life
(foto : Aisyah Dian)



***

 





28 comments:

  1. Wah, seru banget mbak perawatan di ZAP. Tempatnya bagus, rapi ruang tunggunya juga nyaman. Poin plusnya sebeum perawatan pasti dicek dulu ya kondisi kulitnya, jadi Insya Allah treatmentnya sesuai dnegan kebutuhan kulit kita.

    ReplyDelete
  2. aku juga suka lho mba perawatan di ZAP karena pelayanannya yang bagus banget dan kualitas dari pelayanannya juga super deh

    ReplyDelete
  3. ZAP Clinic di cabang mana pun selalu oke ya pelayanannya. Jadi beneran pengen ikut treatment biar wajah makin sehat. Otw cek di kota terdekat

    ReplyDelete
  4. Kalau melakukan treatment itu menyenangkan bikin releks dan hasilnya memuaskan

    ReplyDelete
  5. Wow, ternyata ini rahasia mbak tampil percaya diri dan glowing :) Setelah melakukan treatment di ZAP Clinic Samarinda tentunyaaaa :D Tempatnya cakep banget kayak hotel berbintang2 :) Fasilitasnya oke. Aku belum pernah nih, jadi kepengen coba deh, hasilnya maksimal ya, mantap!

    ReplyDelete
  6. Ya Allah pengen banget ngerasain treatment di ZAP... semoga suatu saat ada rejeki, Aamiin.

    ReplyDelete
  7. Aku tuh masih galau cobain perawatan kecantikan gini mba, belum pernah soalnya. Selama ini cuma rutin Skincare dan suplemen kulit πŸ˜„. Sbnrnya pengeeen bgt rutin perawatan di klinik, cuma kdg ga nyaman Krn ga ada temen yg bisa aku ajakin hahahahha. Bingung semua pada ga mau kalo hrs perawatan gini. Mikirnya udh macem2, mahal lah, harus rutin, ketergantungan dll. Makanya sampe skr aku ga jadi2 ke zap. Pdhl Deket rumah ada 2 cabang 😁. Yg premier juga ada.

    Kalo liat dari foto before after memang kliatan sih bedanya πŸ‘

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku tu masih bertanya-tanya ketergantungan treatment tu yang seperti apa.
      Emang enak bareng sih, apalagi pemula macam aku

      Delete
  8. Makin percaya diri setelah perawatan dan tampil makin glowing, pengen juga rasain treatment di ZAP.

    ReplyDelete
  9. Ini aku pengen nyobain si treatment photo facial glow, karena memang tertarik karena beberapa temanku juga sudah cobain sih. Coba ah cek di Zap terdekat dari rumahku, apakah untuk minggu depan masih ada slotnya. Lihat ulasan mak Lidha jadi langsung pengen treatment.

    ReplyDelete
  10. Ikut happy dengan adanya ZAP di Samarinda. Apalagi bisa perawatan dengan cara menyenangkan seperti ini ya mba. aman pula an hasilnya maksimal banget.

    ReplyDelete
  11. Wah seru banget perawatan di ZAP apalagi rame2 janjian sama teman2 keluar2 dari klinik jadi cantik berjamah haha.
    OOOh jd setelah perawatan jangan aplikasikan sunscreen dulu yaa. Wah kudu pakai masker nih sementara kyknya ya :D
    TFS jadi tau info price list-nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleeeh.
      Justru sunscreen boleh dan tetap harus, hehehe

      Delete
  12. Me time emak emak dg melakukan treatment baik wajah maupun badan. ZAP banyak cabangnya ya mamm sehingga kalau cocook.bisa di kota mana saja.

    Ternyata tarif ZAP treatment jg ga mahal bangey masih erth it lah.

    ReplyDelete
  13. Wah, nyaman banget nih tempatnya. Bikin adem dan betah untuk ber-me-time-ria. Begitu keluar klinik, wajah ceria, bersih, dan lebih sehat. Hati pun segar lagi. :D

    ReplyDelete
  14. Senangnya ZAP buka di Samarinda. Tempatnya nyaman sekali ini, perawatan oleh ahli dan harga terjangkau yang ada paket hematnya pula. Dan yang penting perawatan sekelas kualitas ZAP yang memang juara!

    ReplyDelete
  15. Kliniknya keliatan bersih ya pastinya bikin betah. Treatment zap pasti oke punya sih di semarang juga banyak yg cocok

    ReplyDelete
  16. Sebelum treatment ada pemeriksaan jenis kulit dan konsultasi dengan dokter ya. Hm, nyaman sekali perawatan wajah di ZAP ya. Pelayananannya juga prima pastinya. Jadi pengin nyobain tretament di sana. Banyak cabangnya kan ya di kota-kota besar..

    ReplyDelete
  17. Wow ternyata ZAP juga hadir ya di Samarinda. Terlihat loh mom before & after wajahnya. Cling & fresh ya

    ReplyDelete
  18. Aku pernah juga photo facial glow Di ZAP. Wah, enak banget sih hasilnya, puas banget. Tapi untuk hasil maksimal (misal ada bekas jerawat yang hitam dan mau dibersihkan), butuh rutin photo facial glow seminggu sekali. Lumayan ya kalau pakai paket hemat πŸ˜ƒ

    ReplyDelete
  19. Wah di Samarinda ada zap ya. Keren juga kalau 20 menit belum masuk bakal dapat recovery benefit pe 199 rb. Pelayanan nya oke tuh artinya

    ReplyDelete
  20. Wah treatment dan healing terbaik bagi emak emak nih, teknologi nya sudah modern ya jadi nyaman lihatnya

    ReplyDelete
  21. Wah aku belum coba ZAP yang di Surabaya
    Jadi pengen nanti kalau sudah boyongan ke sana lagi

    ReplyDelete
  22. Perawatan di ZAP Clinic ini emang recommended mbak
    Treatment nya banyak pilihan, disesuaikan dengan kebutuhan kulit kita

    ReplyDelete
  23. zap ini saya dulu tahunya buat laser bulu ketiak gitu. sekarang sudah lengkap banget ya perawatannya buat wajah juga ada. semoga aja nanti zap ada juga nih di banjarmasin soalnya sama-sama di kalimantan

    ReplyDelete
  24. selalu suka kalo ke ZAP, suasananya nyaman dan tempatnya bersih :D

    ReplyDelete
  25. Vibes ZAP cakep ya, foto dikau nunggu itu jadi keren banget!

    Aku udah lamaaa sekali ga perawatan rutin, nanti deh after tahun baru mulai lagi

    ReplyDelete
  26. Seru ya perawatan di ZAP Clinic, tempatnya instragramable, keren dan nyaman ya, .:)

    ReplyDelete

Hai, bila tidak memiliki link blog, bisa menggunakan link media sosial untuk berkomentar. Terima kasih.