Kreasi Masakan Rumah Bobor Bayam dengan Bakso So Good

Kreasi Masakan Rumah Bobor Bayam dengan Bakso So Good

Assalaamu’alaikum.

Apa kabar shaumnya? Menurut saya, sudah menjadi ciri khas banget kuliner yang ramai keluar saat Ramadhan adalah kuliner tradisional. Mulai dari minumannya : es buah lokal, kolak, es pisang ijo, lalu penganannya : gorengan bakwan, tahu, mageli (khas Balikpapan), begitu pun dengan kue dan masakannya. Waw, kalau ke Pasar Ramadhan saya sampai takjub dengan keberagaman makanan Indonesia. Hayo, siapa yang bingung saat memilihnya?

Begitu pun, saat di rumah. 

Bukan, bukan bingung memilih. Maksud saya, masakan khas rumahan saya saat Ramadhan pun juga menu-menu lokal dan sehari-hari seperti biasa saja kok. Hanya sesekali – dua kali membuat menu interlokal eh, seperti spageti dan kari India. Selain variasi menu lokal saat Ramadhan, ada juga yang berbeda. Apa itu? 

Iya, makanan saat Ramadhan itu ada yang berbeda tapi bukan soal rasa. Karena berpuasa, makanan di rumah jadi sukar habis dengan segera, sayur seringkali masih banyak di kulkas. Kedua, saya membiasakan nggak ribet di dapur, pokoknya masakan dan bumbu-bumbunya yang simpel aja, biar waktu nggak habis di dapur melulu. So, here I am mau berbagi masakan rumah khas Ramadhan yang :
  • Nggak ribet (nggak pakai banyak bumbu)
  • bahannya mudah ditemukan alias lokal punya alias menyesuaikan isi kulkas (nggak boleh mubazir)
  • dikreasikan dengan Bakso Ayam SO GOOD

Kok So Good? Karena stok di kulkas memang tersedia Bakso Kuah Instant Ayam So Good, bakso ayam kenyal siap masak.

Di dalam kemasan Bakso Kuah Instant Ayam So Good terdapat 8 bola bakso kenyal ditambah bumbu praktis: bumbu gurih, cabe bubuk dan bawang goreng. Cara penyajiannya ada di balik kemasan.
 



Untuk menu hari ini saya akan memasak bobor bayam dengan Bakso Kuah Instant Ayam So Good. Kenapa menu ini ? Sekali lagi karena menu rumah khas Ramadhan itu menurut saya tidak perlu ‘wah’ setiap hari dan sangat penting agar tidak mubazir, jadi dipilihlah bobor (sayur santan). Hmm, sebenarnya mengkreasikan santan dengan bakso itu cukup unik. Tapi, sayur santan yang nantinya saya buat ini nggak tebal. Berikut resepnya :

Resep :

Bahan :
  • Bakso Kuah Instant Ayam So Good 
  • Bayam (segenggam) saya ambil daunnya saja. Bisa diganti sawi 
  • Jagung (separuh) 
  • Terong (juga separuh) 

Bumbu :
  • Bawang merah 3 buah 
  • Bawang putih 3 buah 
  • Daun salam (2 lembar)  
  • Ketumbar bubuk + merica bubuk + garam (secukupnya) 
  • Santan (saya pakai 2 sendok makan santan kental untuk satu mangkok masakan, tipis-tipis saja santannya)

Cara Membuat :
  • Haluskan bawang merah dan bawang putih, lalu tumis bersama daun salam dan ketumbar. 
  • Masukkan air (khusus seporsi mangkuk) ditambah 2 sendok makan santan kental. 
  • Masukkan jagung yang sudah disisir. 
  • Setelah jagung lunak, masukkan terong dan Bakso Ayam So Good. Khusus bakso ini, saya rebus lebih dahulu secara terpisah, untuk membuang es batu yang melekat di dalamnya. 
  • Terakhir masukkan bayam. Tambahkan garam secukupnya. Masukkan pula bumbu gurih yang terdapat dalam Bakso Kuah Instant Ayam So Good (bila suka) 
Selesai. 





Oya, karena saya penggemar pedas, sayur ini enak banget dicampur cabe rawit potong saat menumis. Sayangnya, si kecil jadi susah makan. Jadi, lebih baik cabenya dibuat sambel terpisah. Untuk mengetahui produk SO GOOD bisa mampir ke : http://sogood.id

Demikian resep singkat masakan rumah khas Ramadhan yang sering mengandung santan ini tapi tetap terasa segar dan nikmat. Jangan lupa kejar pahala di hari-hari terakhir bulan Ramadhan dan semoga kita bisa berjumpa dengan Ramadhan tahun berikutnya. Aamiin. 
Diboborin aja

Bagi juga resep masakan rumah khas bulan Ramadhan teman-teman di kolom komentar ya. 


Terima kasih. 


Salam, 
Lidha Maul

4 Comments

  1. next menu untuk sarapan.. :)
    ngomong2 berapa harga satu bungkusnya?

    ReplyDelete
  2. Inovasii bangeet ini mbak, saya belum pernah makan bobor ayam sama so good. yummy banget gtu keliatannyaa, jd kangeen bobor mbak. hehehe btw makasih sharing resepnyaa :D

    ReplyDelete
  3. Pos luar biasa, Yang telah Anda bagikan di sini tentang bakso. Artikel Anda sangat informatif dan bermanfaat untuk mengetahui lebih banyak tentang resep bakso lezat. Saya ingin mengucapkan terima kasih untuk berbagi artikel ini di sini. makanan beku

    ReplyDelete

Hai, bila tidak memiliki link blog, bisa menggunakan link media sosial untuk berkomentar. Terima kasih.