ASUS Vivobook Go 14, Laptop Untuk Pelajar

ASUS Vivobook Go 14

Ini kali kedua ASUS Media dan Blogger Gathering dilaksanakan di Balikpapan. Setelah sekian purnama, para penggemar ASUS dari kalangan blogger Balikpapan, Samarinda, dan sekitarnya bisa bertemu lagi pada 8 November 2023. Beberapa produk ditampilkan dalam gathering ini, dan salah satu yang akan saya ceritakan dalam tulisan yakni ASUS Vivobook Go 14 (E1404F), laptop thin and light entry-level terbaik.

Acara dimulai pada sore hari di Jatra Hotel Balikpapan. Kemeriahan ini kami awali dengan membuat video bersama kawan-kawan. Santai, akrab, menyenangkan, adalah impresi selama acara berlangsung. Lewat ASUS Media dan Blogger Gathering, akhirnya saya berjumpa dengan Muhammad Firman, Head Public Relation ASUS, yang selama ini hanya follow lewat instagram.

ASUS Vivobook Go 14
ASUS Vivobook Go 14

ASUS merupakan perusahaan multinasional sekaligus produsen motherboard, PC, monitor, kartu grafis, dan router terbaik di dunia dengan visi sebagai perusahaan teknologi terdepan dan paling inovatif di dunia.

Sebagai bukti dari komitmen terhadap inovasi, desain dan kualitas, ASUS telah memenangkan 61.520 penghargaan dari organisasi teknologi terpandang dan media IT dari seluruh dunia sejak tahun 2001 lalu. Sebuah hal yang hanya bisa dicapai oleh perusahaan yang memiliki visi dan misi mendalam untuk terus mengejar inovasi terbaik. Dari semua penghargaan yang diterima, banyak di antaranya ditujukan untuk produk tablet dan smartphone ASUS, sebuah bukti nyata komitmen ASUS dalam hal inovasi, desain dan kualitas.

Dengan dikenalkannya ASUS Vivobook Go 14 (E1404F), saya jadi tahu bahwa ada laptop tangguh, ringan, ringkas, komprehensif, yang cocok untuk kalangan pelajar dan kaula muda.


LAPTOP UNTUK PELAJAR,
ASUS VIVOBOOK GO 14

Vivobook Go 14 (E1404F) didedikasikan sebagai laptop untuk pelajar yang punya banyak impian, mobilitas tinggi sehingga senang membawa laptopnya ke manapun, dan tanpa mengurangi fungsinya sebagai sebuah laptop, mampu memberikan kenyamanan dalam desain, agar pelajar makin bangga dengan laptop pilihannya.

ASUS Vivobook Go 14

Walau didesain untuk kalangan pelajar, bukan berarti tidak cocok untuk kalangan profesional atau kalangan mamak-mamak seperti saya. Semua jenis laptop ASUS yang dirancang untuk lini kalangan tertentu bukan berati tidak dapat dipakai di luar kalangan itu ya. Kita, sebagai pengguna bisa melihat fungsi dan kemampuan perangkat untuk menyesuaikan dengan kebutuhan era modern kita. Kalau saya sebagai penulis, bloger, dan pengguna ragam kebutuhan dunia teknologi digital, merasa cocok dengan jenis laptop Vivobook Go 14 ini.

Jadi, apa maksudnya  Vivobook Go 14 ini cocok untuk kalangan pelajar? Laptop entry-level merupakan laptop dengan harga terjangkau. Sebagaimana kita tahu, generasi pelajar saat ini sangat membutuhkan perangkat laptop sebagai keseharian mereka dalam menuntut ilmu. Baik untuk mengerjakan tugas, berkomunikasi dengan guru (tatap muka daring), akselerasi kegiatan tambahan, dan mendukung hobi. Karena Vivobook Go 14 ini dilengkapi dukungan prosesor dan fitur canggih serta baterai yang bertenaga, jadi bisa untuk pemakaian berdaya tinggi. Desainnya portabel, compact, tahan banting.

ASUS Vivobook Go 14


Ringan dan Ringkas

Ketebalan bodi Vivobook Go 14 hanya 17,9mm dan bobot sekitar 1,3kg, merupakan salah satu aspek unggulan dari laptop ini. Karena ringan dan ringkas membuat kenyamanan bagi pengguna untuk bisa membawa laptop ke mana-mana. Bisa dengan mudah dimasukkan ke dalam tas dan mantap untuk pengguna yang sering bepergian. Laptop tipis dengan dimensi 32.45 x 21.39 x 1.79 cm.

ASUS Vivobook Go 14


Desain Vivobook Go 14 yang portabel ini membuatnya mampu dibuka hingga 1800. Mungkin saja, pengguna membutuhkanmya untuk presentasi atau saat bekerja kelompok ingin melakukan lebih fleksibel dalam berdiskusi maupun sesi sharing. Engsel yang mampu dibuka hingga 1800 juga menandakan bahwa engsel tersebut memiliki kualitas yang lebih baik dibanding engsel biasa. 

Gimana? Pernah mencoba meratakan layar sampai 180 derajat? Hehe. Kalau tidak punya kemampuan seperti Vivobook Go 14, mending jangan deh.



Hardware Generasi Terbaru

Vivobook Go 14 ditenagai prosesor AMD Ryzen™ 7000 U-Series terbaru yang bekerja cepat dan efisiensi untuk menjadikannya perangkat berperforma tinggi.

Untuk penyimpanan, Vivobook Go 14 (E1404F) dilengkapi dengan NVMe PCIe SSD dengan kapasitas hingga 512GB yang menawarkan kecepatan akses data sangat cepat dibandingkan dengan SSD SATA atau HDD tradisional. Penggunaan NVMe PCIe SSD membuat waktu boot lebih singkat, akses file lebih cepat, dan pengalaman penggunaan yang lebih responsif. 

ASUS Vivobook go 14

Sementara untuk RAM, Vivobook Go 14 (E1404F) menawarkan memori LPDDR5 dengan kapasitas hingga 16GB. Dibandingkan dengan generasi laptop pendahulunya, memori jenis ini menawarkan kecepatan lebih tinggi dan lebih hemat energi. Ini akan memberikan efek kemampuan multitasking yang baik, efisien, dan baterai lebih tahan lama.

Dengan kombinasi prosesor generasi terbaru, memori berkapasitas tinggi, dan penyimpanan yang cepat mampu membuat Vivobook Go 14 (E1404F) tampil sebagai laptop yang mampu memenuhi kebutuhan komputasi modern.


Layar Full HD

Layar didukung dengan resolusi tinggi Full HD dengan tingkat kecerahan 250 nits. Berdasarkan komparasi pada laptop lain di level harga yang sama, ketajaman dan kejernihan gambarnya tidak sebanding dengan Vivobook Go 14. Pun pada laptop yang sudah menggunakan layar Full HD, tingkat kecerahannya tidak terlalu tinggi. Nah, pada Vivobook Go 14 ini enak banget untuk menikmati gambar yang tajam dan jelas dengan warna-warna yang sangat hidup dalam berbagai kondisi. Kalau detail gambarnya luar biasa, maka akan berasa nyata saat menonton film, produktivitas, atau main game. Dukungan imersif ini juga diperoleh dari layar bezel nan tipis NanoEdge sehingga membuat tampilan lebih luas.

vivobook go 14


ASUS Vivobook Go 14 juga sudah mengantongi sertifikat Low Blue Light dari TÃœV Rheinland. Sertifikat ini berarti layar Vivobook Go 14 memberikan kenyamanan untuk mata pengguna yang mungkin harus lama di depan komputer.  Low Blue Light Technology mengurangi radiasi cahaya biru yang dipancarkan oleh monitor.  Blue Light merupakan cahaya memancar yang dibutuhkan pada perangkat digital. Namun, jika berlebihan akan mengganggu mata dan pada level tertentu bisa membahayakan. ASUS mengerti hal ini. Dengan adanya teknologi low-bluelight ini ASUS ingin kesehatan mata para pengguna, tetap terjaga tanpa mengurangi kenikmatan visual di dalamnya.


Tangguh - Military Grade

Pernah mengalami laptop jatuh? Serem nggak? Pengalaman laptop tersenggol saja, sempat  membuat hard-drive laptop saya tergeser dan tidak nongol saat ingin diakses. Saya tidak bisa membayangkan kalau laptop saya sampai jatuh. 

Tapi, Vivobook Go 14 (E1404F) ini dibekali sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (US Military Grade MIL-STD-810H). Nggak ngerti lagi sama laptop ASUS ini. Dengan harga yang nggak bikin boros, tapi sudah bisa dapat laptop dengan daya tahan banting luar biasa. Walau bukan untuk menjatuhkan laptop ya, atau buat dibanting, tapi dengan dukungan military grade ini membuat pengguna yakin membawa ke mana-mana bahkan dalam keadaan terdesak. Atau kejadian-kejadian kecil semacam main lempar tas seusai pulang, maka hal ini nggak akan bikin cemas.

ASUS Vivobook Go 14
uji ketangguhan Vivobook Go 14

Vivobook Go 14 (E1404F) sendiri harus menjalani 12 metode pengujian yang ketat dan 26 prosedur pengujian yang berat untuk dapat disebut laptop yang tangguh. Pengujian yang melebihi standar industri ini mencakup variabel seperti tekanan, temperatur, kelembaban, dan resistensi terhadap benturan. Hasilnya, sebuah laptop yang dapat diandalkan ketangguhannya dan bisa berumur panjang. 


Fast Charging ⚡

Kerjaan banyak, tapi nggak nyaman kalau laptop gampang mati kan? Apalagi kalau lagi di ruang publik. Vivobook Go 14 didukung baterai berkapasitas 42Whr berjenis 3-cell Li-on dengan dukungan pengisian daya cepat 45W AC Adapter. Dengan Vivobook Go 14 (E1404F) ini  bisa mengisi baterai dengan cepat. Baterai yang sudah lemah bisa diisi hingga 60% hanya dalam waktu 49 menit. 


Windows 11 Home dan Office Pre-Installed

Laptop ASUS hadir dengan dilengkapi dengan Windows 11 Home. Ketika pekerjaan menumpuk, laptop ASUS dengan Windows 11 siap membantu menyelesaikannya. Laptop ASUS dengan Windows 11 yang lebih nyaman di mata, memungkinkan mengekspresikan diri dan cara kerja terbaik. Dan tidak hanya Windows 11 asli, tersedia juga genuine Microsoft Office 2021 untuk menunjang aktivitas kamu sepanjang hari.

Dilengkapi Office Pre-Installed 
Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2021. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan pengguna untuk selalu memiliki akses ke fitur yang kalian kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data pengguna. 


ASUS ErgoSense Keyboard

Ergo Sense Keyboard membuat pengalaman mengetik jadi sangat nyaman. Tombol pitch ukuran penuh 19,05mm sama seperti keyboard desktop, jarak yang pas sehingga pengguna tidak merasa kaku. Dikombinasikan sepenuhnya dengan kedalaman long key travel 1.4 mm, yang nggak terlalu dalam masuknya, jadi tidak berasa banyak tenaga. Dished key caps 0.2 mm dirancang lebih dalam agar sesuai dengan bentuk ujung jari dengan tingkat akurasi dan kenyamanan yang tinggi.

Di bawah tombol-tombolnya, ada kubah karet yang dibuat oleh ahli keyboard di ASUS, sehingga pengguna hanya akan menekan 0.1 mm tanpa terlalu dalam. Artinya tombol pada keyboard ErgoSense tidak tenggelam di bawah level dek keyboard.

ASUS Vivobook Go 14

Konsep ergonomis dalam pengetikan ini tentu saja memberi kenyamanan dalam pengetikan. Tidak hanya itu, laptop ini juga menawarkan kenyamanan ekstra saat digunakan berkat fitur keyboard ASUS ErgoSense. Keyboard ini dirancang untuk memaksimalkan pengalaman mengetik, mengurangi kelelahan pada jari, dan meningkatkan produktivitas. Menariknya, dibanding laptop lain di kelasnya, Vivobook Go 14 (E1404F) ini juga sudah menyediakan backlit keyboard.



ASUS AI Noise Cancelation

Tahu dong bagaimana rasanya lagi konferensi jarak jauh, dan kita sedang berada di area ramai dengan banyak suara, dan semua suara itu masuk? Dengan teknologi AI Noice Cancelation dari ASUS dapat mengisolasi suara-suara bising yang tidak diinginkan, selain ucapan manusia. Teknologi ini bekerja dengan cara menyaring suara pada panggilan konferensi, baik pada presentasi tunggal atau multi-presentasi. 

Pada konferensi dengan presenter tunggal, fitur bekerja dengan cara memastikan hanya suara di depan laptop yang dapat didengar. Pada konferensi dengan multi pembicara, fitur ASUS AI Noise Cancelation akan melakukan pelacakan suara-suara manusia yang berada di area sekitar.


Fitur Keamanan 

asus vivobook go 14

ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) menyematkan ASUS Webcam Shield fisik untuk menjamin keamanan. Tujuannya agar tidak ada hacker yang mengintip aktivitas pengguna lewat webcam. Sedangkan privacy shield pada webcam yang bisa digeser (switch) bertujuan agar pengguna tidak perlu menggunakan kamera saat online meeting, jika ia tidak menginginkannya.

asus vivobook go 14
Fitur keamanan lain pada laptop ini adalah adanya one-touch fingerprint sensor yang terletak di area touchscreen. Hanya dengan sidik jari tanpa mengetik kata sandi, pengguna sudah bisa akses ke laptop. Fingerprint sensor umumnya tersedia pada laptop mid-high untuk keamanan data dan juga kemudahan login ke Windows 11.



ASUS Wifi Master

WiFi 6E (802.11ax) yang disediakan Vivobook Go 14 sudah sangat mumpuni kencangnya. Konektivitas nirkabel ini memberi pengguna akses ke kecepatan koneksi nirkabel hampir 3x lebih tinggi dibandingkan Wi-Fi 5. Kalau menangkap sinyal kencang, akses internet jadi lebih memuaskan.


Konektor

ASUS Vivobook Go 14

Pada Vivobook Go 14 tersedia port I/O yang lengkap untuk menunjang kebutuhan transfer data, audio, dan presentasi. Terdiri dari :port USB-C® 3.2 Gen 1, port USB 3.2 Gen 1 Tipe-A, port USB 2.0, output HDMI®, dan soket kombo audio.



Harga dan Spesifikasi
ASUS Vivobook Go 14 (E1404F)


ASUS Vivobook Go 14 dibanderol dengan harga mulai dari Rp6.299.000, dengan spesifikasi sebagai berikut :


ASUS Vivobook Go 14

ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) membuktikan bahwa dengan harga yang masih ramah di kantong bisa mendapatkan laptop dengan kualitas berkelas. Laptop ringan, tangguh, berkelas, dan mampu produktivitas. Laptop yang mumpuni untuk kalangan pelajar dan tetap bergaya.

Selepas acara "ASUS Media dan Blogger Gathering" beberapa di antara kami masih menikmati obrolan bersama Tim ASUS.  Masih ingin berkenalan dengan beberapa produk ASUS lain, dan menikmati kebersamaan. Mudah-mudahan ada kesempatan lain untuk berkumpul kembali.

Balikpapan blogger
foto : Farida Noer






0 Comments