Banua Cokelat, Oleh-Oleh Cokelat Palu

cokelat sulawesi tengah

Sepanjang perjalanan di daerah Palu (Sulawesi Tengah) dan sekitarnya, selalu terlihat tanaman kelor di mana-mana. Di halaman rumah warga, di depan sekolah, di kebun, di masjid-masjid, di taman-taman. Kemudian, ketika mengarah Kabupaten Sigi, saya juga melihat banyak kebun kakao. Jadi, saya yakin kalau oleh-oleh khas Palu adalah olahan kelor dan cokelat. Tapi, karena sudah mencicipi beberapa olahan kelor, maka perburuan oleh-oleh pun beralih ke cokelat. Nah, tidak salah kalau akhirnya saya singgah di Banua Cokelat, pusat oleh-oleh cokelat khas Sulawesi Tengah, yang berada di Jl. Otto Iskandar Dinata No.70, Besusu Timur, Kota Palu.

Memang benar, ketika memasuki Kota Palu kita akan mendapati hamparan laut yang indah dengan pegunungan yang gagah mengelilingi. Namun, ketika membelah kawasan lain, melintasi gunung menuju arah Kabupaten Donggala. Sigi, Kabupaten Parigi, hingga Poso, akan terlihat perkebunan kakao yang amat luas dan panjang. Tahu kan kalau cokelat dihasilkan dari tanaman kakao? BPS mencatat bahwa Pulau Sulawesi sebagai penghasil kakao terbesar di Indonesia pada tahun 2021. Dengan Sulawesi Tengah sebagai provinsi pertama tercatat memproduksi kakao sebanyak 130,6 ribu ton, disusul provinsi lain di Sulawesi.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), produksi kakao di Indonesia sebanyak 706.500 ton pada 2021. Produksi kakao di Indonesia paling banyak berasal dari Sulawesi Tengah, yakni 130.600 ton

produksi kakao terbanyak indonesia
SulTeng sebagai provinsi dengan produksi kakao terbanyak th. 2021
sumber : bps.go.id

Kondisi alam di Kabupaten Sigi dan kabupaten lain memang mendukung pertumbuhan kakao. Jadi, sudah benar kalau datang ke Banua Cokelat untuk mencicipi cokelat khas Sulawesi Tengah. Toko ini buka dari pukul 08.00 WITA sampai malam, kira-kira pukul 10.00 WITA. Mungkin kalau hari libur bisa berbeda. Toko Banua Cokelat mudah dicari karena sudah ada di google maps. Tempatnya tidak besar, tapi manis, nyaman, dan menarik.

oleh-oleh cokelat palu sulteng


Secuil Kisah dari Banua Cokelat

Awalnya saya mengira Banua Cokelat hanyalah nama toko, yang sesuai namanya hanya menyediakan oleh-oleh cokelat. Ternyata Banua Cokelat  memproduksi sendiri cokelat-cokelat mereka. Pada tahun 2010, pemilik awalnya memproduksi cokelat compound dan candy-candy, lolipop. Nama perdana saat itu adalah "Cokelatku". Sebagai merek dagang memang "Cokelatku" sangat mudah diingat, tapi hal itu terlalu biasa. Nama Cokelatku pun berubah menjadi Banua Cokelat yang bertepatan saat itu mengeluarkan aneka produk cokelat dengan rasa bervariasi. Merasa wajib berkembang, Banua Cokelat mendaftarkan merek dagangnya ke HAKI. Dari cerita mereka, saat itu ada benturan pada kata "banua", sehingga untuk kemudahan HAKI, diubah menjadi Sagena. Saat ini Sagena menjadi satu dari beberapa produk cokelat di Banua Cokelat. Cerita ini saya dapat ketika berkunjung ke toko tersebut. Dengan ramah, satu per satu cerita tentang cokelat-cokelat itu mengalir dari lisan penjual.

oleh-oleh cokelat khas plau sulteng
display produk di Banua Cokelat


Kenalan Tipis-Tipis dengan Aneka Produk Banua Cokelat


Saya memerhatikan merek cokelat inilah yang dipajang di toko tersebut.

Sagena berbentuk batang tablet (80 gr). Kemasannya terasa klasik nan elegan. Berbahan dasar 56% -90% cokelat kakao, Sagena 80 gr ini punya dua varian rasa utama, Milk Chocolate (original, kopi, kacang mete, keju, matcha, kelor, dan cabai) dan Dark Chocolate.

cokelat sulawesi tengah
gh


Sagena berbentuk batang bar (40 gr). Kemasannya serupa dengan beberapa produk cokelat bar pada umumnya, dengan warna yang eye catching. Masih berbahan sama, 56-90% cokelat kakao, Sagena yang satu ini punya lebih banyak varian rasa. Ada cokelat rasa keju, kayu manis, matcha, cabai, kelor, kacang, kopi, mete, milk chocolate, 80% dark chocolate, dan 90% dark chocolate. Harga cokelatnya dari Rp 20 ribu - 25 ribu.

cokelat sulawesi tengah

cokelat sulawesi tengah
gh



Kamao. Cokelat batang bar 41 gr, yang berbahan dasar cokelat compound. Kemasannya mirip dengan Sagena bar (40gr). Varian rasa yang tersedia : White Compound (matcha, kelor, kopi), Dark Compound (mete, cabai, kopi, dan keju). Harganya Rp 15ribu.

cokelat sulawesi tengah

cokelat sulawesi tengah
gh



Banua Cokelat Piyo-piyo. Ini dia cokelat compound versi cute. Beratnya 9gr, kira-kira sebesar ibu jarinya orang dewasa. Satu pak berisi 24 cokelat mungil. Cocok buat yang ingin makan cokelat tidak terlalu banyak. Varian cokelat dalam satu pak memang berisi hanya beberapa aneka rasa saja. Harga Rp 60rb/paket. Kalau tidak cocok dengan pilihan variannya, sampaikan saja ke penjual.

cokelat khas sulteng palu
gh



Banua Cokelat Piyo-piyo Couverture. Satu paket produk ini berisi 10 cokelat mini. Paket yang satu ini berkesan premium.
oleh-oleh cokelat khas palu sulteng
gh

Sebelum membeli, penjual dengan baik hati mengajak calon pembelinya mencicipi aneka cokelatnya. Boleh banget cicip yang mana saja, selama produk sample tersedia. Saya juga sempat mencicipi beberapa cokelat dari compound sampai yang couverture. Karena Palu itu kota yang temanya kelor banget, jadi saya pastikan membeli cokelat rasa kelor, dan karena unik, saya juga membeli cokelat rasa cabai. Untuk yang tidak terbiasa mungkin akan kaget dengan dua rasa cokelat ini. Tapi, sangat menarik untuk tahu sensasinya. Tentang keautentikan rasa cokelatnya, cobalah produk Sagena 80gr. Kalau ingin cokelat bar lebih ramah di saku bisa coba Sagena 40gr atau Kamao, tapi kalau yang ingin versi mungil yang beragam pilih piyo-piyo.  Saya cokelat Piyo-piyo, beberapa Kamao, dan Sagena untuk dibawa ke Kalimantan. 

Oya, Banua Cokelat ini sudah berlabel halal MUI. Jadi senang berbelanja Banua Cokelat. Plus bangga dengan produk asli Indonesia.

oleh-oleh cokelat khas palu sulteng

***

Banua Cokelat:
Alamat Jl. Otto Iskandar Dinata No.70, Besusu Timur, Kota Palu
Facebook : facebook.com/BanuaCoklat/
Instagraminstagram.com/banuacoklat/


28 Comments

  1. paling seneng kalau bisa berbelanja cokelat di sentra pembuatannya juga. Hal ini secara nggak langsung juga mendukung berkembangnya UMKM lokal
    penasaran sama rasa coklat dari Palu ini jadinya

    ReplyDelete
  2. Mbaaa, aku baru tahu loh brand coklat Inii, dan sbnrnya ikut bangga kalo Indonesia punya banyak aneka coklat lokal.

    Yg aku tau selama ini coklat Monggo yg asli produk lokal.

    Inj packagingnya cakeeep sih. Dijadiin oleh2 pasti bagus. Penasaran Ama rasanya. Hrsnya coklat kita bisa lebih mendunia ya. Masa kalah Ama Berryl's Malaysia . Apa Krn kurang promosi aja?

    ReplyDelete
  3. Wah, produksinya mulai dari kakaonya, keren ini. Dan karena jauh dari palu belum pernah merasakannya. Semoga bisa sampai ke sana

    ReplyDelete
  4. Oh di Otista yah
    kalau temanku dari Palu ke sini, bisa ku titipin Banua Cokelat, hehe...

    ReplyDelete
  5. Namanya unik-unik ya mba dan penasaran sih sama rasa cokelatnya ini semoga ada kesempatan bisa cicip kalau bisa ke Palu

    ReplyDelete
  6. Menarik banget nih ada cokelat rasa daun kelor. Coba cari ah kali aja dijual online

    ReplyDelete
  7. wah tertarik nih aku buat cobain banua cokelat khas dari kota Palu

    ReplyDelete
  8. Aku belum pernah ke Palu. Senang ya kalau ada tempat yang menjual kuliner khas Indonesia apalagi ada potensi terbaik di daerah itu. Dan salut juga mereka memproduksi sendiri produk coklatnya

    ReplyDelete
  9. Wah ada cokelat yang dicampur dengan daun kelor, mengingat daun kelor adalah sayuran terbaik untuk memperbaiki gizi, aku sangat tertarik dengan cokelat ini, apalagi di produksi sendiri produksinya.

    ReplyDelete
  10. Biasanya aku kalau pergi gitu yang selalu dicari sih cokelat, karena memang untuk oleh-oleh. Terus ini aku penasaran sebenarnya sama rasa Banua Cokelat. Selain menggunakan cokelat juga ada bahan lain seperti daun kelor, moringa dan lainnya.

    ReplyDelete
  11. Aih kok seru, unik kelor cokelat di Palu yaaa.. Aku suka keduanya kelor dan cokelat. Boleh icip2 ya sama penjualnya, masya Allah baik.. semoga produknya laris manis barokah, mendunia😍

    ReplyDelete
  12. Waah makasih infonya mbaa...aku baru tahu nih kalau di Palu ada alternatif pilihan coklat yang juga variannya lengkap banget. selama ini klo ke Palu pasti bawa oleh2nya bawang goreng aja

    ReplyDelete
  13. Tampilannya menarik, semoga IKM nya nih makin naik kelas dan bisa jadi bagian Bangga Buatan Indonesia , berkembang terus dan juga disupport oleh pemerintah

    ReplyDelete
  14. Varian rasanya out of the box banget bikin penasaran. Packagingnya juga lucu. Bangga banget produk Indonesia bisa sekece ni. Siap bersaing dgn brand lainnya

    ReplyDelete
  15. Jiyaah, Banua Cokelat bisa kalap kalo berbelanja disini buat oleh-oleh dari Palu yaa. Beragam pula variannya plus lucu-lucu paketannya.
    Tar minta oleh2 aahh kalo ada temen pas ke Palu, eeh..

    ReplyDelete
  16. Dijual online gak ya coklatnya? Saya suka cobain berbagai merk coklat. Karena makan coklat tuh bisa bikin mood jadi baik.

    ReplyDelete
  17. Indonesia itu enggak akan habis akan jenis tanaman cokelat dan lainnya. Di Palu saja ini bisa ya jadi merk dagang terkenal dg memproduksi cokelat yang enak, dan bisa jadi komoditas mereka.

    ReplyDelete
  18. Duh duh kalau bisa ke Banua Cokelat pasti aku bakal kalap beli semua varian, apalagi cokelat hitamnya yaa pasti enak dan sehat..

    ReplyDelete
  19. Kemasan cokelatnya menarik, yaa... Pasti cokelatnya enak. Saya penasaran aja, gimana rasanya cokelat varian kelor dan cabainya.

    ReplyDelete
  20. Ada marketplace-nya ga Mba..biar bisa beli online, enak nih kayaknya, di rumah suka coklat semua pula, apalagi Banua Cokelat ini sudah berlabel halal MUI. Jadi senang berbelanja Banua Cokelat. Plus bangga dengan produk asli Indonesia.

    ReplyDelete
  21. Wah, lumayan bervariasi ya produk cokelat yang dijual di Banua Cokelat. Dan penjualnya baik banget sih, pembeli boleh icip-icip dulu, hihi.
    Aku penasaran sama yang variasi cabe sama kelor :)

    ReplyDelete
  22. Wah noted nih..mana tau kapan2 sampai palu ya kan. bisa nih mampir cokelat Banua. Selama ini kalau ke toko oleh2 di Makassar, ada juga produk oleh2 Palu, tapi kebanyakan bawang goreng. Ketika ibu tetangga jalan ke Palu, oleh2nya juga bawang goreng. Jadi saya taunya, oleh2 khas Palu itu baru bawang goreng hehehe

    ReplyDelete
  23. Jual di Shopee ga ya? pengen juga nyobain coklat dari Palu. Mau tau kayak mana deh rasanya. Apakah sama dengan produksi coklat-coklat Indonesia lainnya.

    ReplyDelete
  24. Belanjaaa..
    Makan cokelat jadi bisa kapan aja karena ada Banua Cokelat. Pilihan varian cokelatnya banyak dan semua menggemaskan.

    ReplyDelete
  25. Wah, unik unik ya rasa cokelatnya
    Pas banget emang buat oleh oleh ya mbak
    Ada di marketplace nggak ya

    ReplyDelete
  26. Kepo deh sama rasa cokelatnya deh, variannya banyak sekali

    ReplyDelete
  27. Yaa Allaah sebagai pecinta coklat ....

    AKu malah penasaran yang Kamao cokelat White Compound (matcha, kelor, kopi), tapi kalo yang Dark Compound (mete, cabai, kopi, dan keju) aku mbayanginnya udah mules duluan

    ReplyDelete
  28. Aku belum pernah coba dan jadi penasaran rasanya kayak gimana.. semoga nanti bisa dapat kesempatan merasakan yaa hehe

    ReplyDelete

Hai, bila tidak memiliki link blog, bisa menggunakan link media sosial untuk berkomentar. Terima kasih.