Ngopi dan Ngonten di Kaltimtara Coworking Space

Kaltimtara Coworking Space di Kanwil Pajak

Biasanya kalau ke kantor pajak ngapain? Kepikiran nggak sih bisa bersantai di kantor pajak?
Pekan lalu menjadi kesempatan baik bagi saya untuk mampir ke Kaltimtara Coworking Space yang ada di Kanwil Pajak Kaltimtara. Saya punya janji dengan kawan muda yang cantik yang saya kenal lewat komunitas beberapa tahun lalu. Kami pun bersua di Kanwil Pajak Kaltimtara yang berlokasi di Jl. Ruhui Rahayu, Ring Road, Balikpapan.

Agak aneh ya? Mau ketemu teman, mau nongki bareng, malah milih tempat di kantor pajak?

Tapi, memang kawan saya ini bekerja di kantor pajak, jadi yaa.. ngedate sama dia bisa di sana. Hehehe.

Gedung Kanwil DJP Kaltimtara ini sebenarnya berada bersama-sama dengan gedung kepengurusan pajak lain, macam Kantor Pelayanan Pajak Madya, KPP Pratama, dan beberapa gedung lain. Setelah memutari lokasi yang sebenarnya tidak perlu bagi saya untuk putar-putar, akhirnya ketemu juga dengan gedung Kanwil DJP Kaltimtara yang dimaksud kawan saya ini.

Oliv, panggilan kawan saya ini, menyambutsangat akrab serta ramah. Siang itu, suasana sedang ramai di dalam gedung. Saking ramahnya Oliv dan suasana yang cukup ramai, saya pikir sedang ada kondangan di kantor. Kali aja gitu.
Barulah saya tahu, rupanya di dalam sedang ada pelatihan barista untuk para pegawai, dan pas juga hari Jumat, semua orang memakai batik. Kecuali pak sekuriti.

Oliv langsung mengajak saya ke area coworking space, yang hanya beberapa langkah dari pintu masuk, di lantai 1.
Kaltimtara Coworking Space di Balikpapan
oh, rupanya sedang ada pelatihan barista

Terobosan New Ways of Working,
Untuk Gaya Kerja Fleksibel,

Sejak pandemi, banyak terobosan dilakukan pemerintah terkait keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat agar tetap beraktivitas. Kita mengenal istilah WFH (Work From Home), sebuah gaya kerja anyar yang menjadi rutinitas di kebiasaan adaptasi baru (New Normal). Meski terjadi kekagetan dan dirasa berat pada awal penerapan, kini WFH disebut-sebut menjadi pelopor gaya kerja virtual di masa depan. Adaptasi kerja ini merupakan corak kerja yang lebih fleksibel terkait waktu dan jarak dengan menggandeng kebermanfaatan teknologi yang semakin berkembang. Gaya kerja yang lebih fleksibel ini pula yang diadopsi oleh Kanwil DJP Kaltimtara.
Kanwil DJP Kaltimtara

Sebenarnya, Kemenkeu telah membuat gagasan bernama “The New Thinking of Working (NTOW)” yakni sebuah konsep bekerja di era modern yang didorong oleh Central Transformation Office (CTO). Konsep ini kemudian tertuang menjadi New Ways of Working (NWOW) yang merupakan implementasi dari Inisiatif Strategis Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan (IS RTBK) di tahun 2020. Tujuannya adalah untuk memasuki era kerja baru di masa depan.

Penerapan konsep ini termuat pula dalam perubahan di Ditjen Pajak yang memang berada di bawah Kementerian Keuangan. Implementasi NWOW nggak melulu berkaitan dengan WFH, karena pasti ada kebutuhan kerja di kantor, kebutuhan untuk jumpa dan aksi nyata. Selain WFH, ada dua corak kerja baru lain yang diadopsi di dalam NWOW, yakni Flexible Working Space (FWS) dan Sattelite Office (SO).

Corak kerja baru ini dapat dilihat dalam suasana kerja di perkantoran, ketika dibukanya sekat-sekat kubikel, di mana pegawai junior dan senior lintas generasi bisa saling mengedepankan keterbukaan. Tidak hanya itu, para pegawai diberi juga kemudahan mengakses satu personal komputer ke komputer lain. Keterbukaan dan kefleksibelan ini tidak hanya membuat warna baru di lingkungan kerja, tetapi juga menambah keramahan dan estetika ruang kerja. Dengan begini, kebersamaan aktif dalam bekerja akan lebih terasa. Tetapi, jika pegawai membutuhkan tingkat kenyamanan dalam berkonsentrasi, mereka bisa pindah ke area yang lebih tenang dan cozy yang memang telah didesain dan didukung fasilitas kerja.

Karena itu pula, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Kalimantan Timur & Utara menyediakan area cantik bernama KALTIMTARA COWORKING SPACE sebagai terobosan dari New Ways of Working (NWOW), berupa wadah fleksibel untuk bekerja.

Asyiknya, Kaltimtara Coworking Space ini bukan hanya untuk pegawai lho.
Kaltimtara Coworking Space di Balikpapan

Kaltimtara Coworking Space di Balikpapan


Semua Gratis di Kaltimtara Coworking Space

Terletak di dalam gedung Kanwil DJP Kaltimtara, area Kaltimtara Coworking Space ini tidak hanya difungsikan untuk pegawai pajak kok. Area ini boleh, leh, leh, banget untuk siapa pun yang bergelar Wajib Pajak (WP), serta sama sekali tidak dipungut biaya. Jadi begini, seperti saya bilang, ada beberapa gedung pajak selain Kanwil DJP Kaltimtara di satu lingkungan yang sama, karena itu tidaklah heran jika ada banyak Wajib Pajak yang hilir-mudik ke kawasan yang cukup luas ini. Para Wajib Pajak ini bisa banget mengakses Kaltimtara Coworking Space, dan menggunakan fasilitas yang disediakan.

 Apa saja fasilitas yang dapat digunakan? 

Pastinya kita bisa menggunakan space, meja, kursi di Kaltimtara Coworking Space, memanfaatkan internet secara gratis, bahkan minum, kudapan, secara gratis pula, untuk kebutuhan kerja atau kebutuhan WP menghitung pajaknya. Namun, kalau tidak ada kebutuhan kerja pun, nongki di Kaltimtara Coworking Space tetap memungkinkan kok. Semisal ada WP yang kelelahan (setelah hitung pajak atau nyasar di gedung lain, eh) lalu ingin bersantai sambil ngopi-ngopi cantik, bisa dilakukan di area ini. Bahkan kopi pun gratis, tis, tis di sini. Saya sendiri sambil bikin konten, santai-santai, ngopi, santai, ngonten, nulis lagi, ngopi lagi. Areanya memang tidak luas, tapi sangat nyaman dan fleksibel untuk kebutuhan bekerja.
Kaltimtara Coworking Space di Balikpapan

Kaltimtara Coworking Space di Balikpapan
gratis tanpa harus bertanya password.


Selain coworking space ada pula area Pojok Inspirasi, masih di lantai dan gedung yang sama. Pojoknya mungil, cocok buat ngadem, healing, sambil baca buku. Penikmat buku biasanya suka nih spot tersudut begini, hehe.
Pojok Inspirasi di Kanwil DJP Kaltimtara

Pojok Inspirasi di Kanwil DJP Kaltimtara
saya @lidhamaul dan Oliv @olivwijayaa

Pojok Inspirasi di Kanwil DJP Kaltimtara
Dukungan gaya kerja baru ini memang tidak lepas dari adaptasi kita untuk masa depan. Era remote working terus berjalan dan kita memasuki era kerja yang lebih produktif dengan gaya kerja yang tidak menyiksa. Kerja fleksibel, di mana pun dan kapan pun, bisa.

Menjelang sore, saya dan Oliv berpisah. Saya senang bisa mampir Kaltimtara Coworking Space, mengobrol tentang perpajakan, mengolah sudut pandang, bikin konten, sambil ngopi. Terima kasih juga untuk Duta Transformasi DJP Kaltimtara atas waktunya. Rasanya masih mau jumpa lagi dengan kawan di Kaltimtara Coworking Space sambil bikin program-program kerja kecil untuk masa depan. Boleh ya.


Salam,
Lidha Maul





25 comments:

  1. Duh kalau saja dekat pengen dong bikin konten di kaltimtara coworking space ini. Apalagi kalau semuanya gratis, hihi ... Jiwaku langsung memberontak ih.
    Semoga suatu saat bisa jalan jalan ke pulau dimana ibu kota negaybatu akan dibangun di sana...
    Aamiin...

    ReplyDelete
  2. Duh kalau saja dekat pengen dong bikin konten di kaltimtara coworking space ini. Apalagi kalau semuanya gratis, hihi ... Jiwaku langsung memberontak ih.
    Semoga suatu saat bisa jalan jalan ke pulau dimana ibu kota negaybatu akan dibangun di sana...
    Aamiin...

    ReplyDelete
  3. Gedung Pajaknya keren. kalau ada yang seperti Kaltimtara Coworking Space ini di dekat rumah, mau deh saya sering-sering mampir buat ngadem.

    ReplyDelete
  4. kalau tempatnya bagus dan aestetik kayak gini sih mau lama juga betah deh. jadi pengen deh ngerasain ngopi plus ngonten di kaltimtara coworking space kayak mbaknyaaaaa

    ReplyDelete
  5. Eh ya ampun bisa gratisss gini haha, seandainya adaaa ya di Jakarta or Tangerang, auto rajin ngonten deh di coworking space ini hihu

    ReplyDelete
  6. Wah, tempatnya sangat keren dan cozy banget ya. Spacenya luas, banyak spot foto juga. Untuk ngopi dan ngonten sangat worth it nih..Pasti ide-ide langsung berseliweran

    ReplyDelete
  7. Waaah tempatnya asik banget, ini mah bikin betah, bawa anak-anakpun misalkan ada urusan di kantor pajak ga perlu risau bisa di coworking space.

    ReplyDelete
  8. New Ways of Working (NWOW) adalah satu soal. Menyediakan tempat memadai untuk praktek adalah hal lain. Untungnya Kantor Pajak datang dengan konsep Kaltimtara Coworking Space ini ya Mbak. Selain karyawan tentunya masyarakat umum juga bisa menggunakan. Brekreasi dan menghasilkan sesuatu untuk masyarakat

    ReplyDelete
  9. Cantik banget coworking space nya mbak. Bikin kerja jadi lebih semangat ya. Aku kadang klo lqgi suntuk suka juga pake coworking spqce. Suasana baru bisa memperbaiki mood

    ReplyDelete
  10. Ternyata positifnya pandmi bisa "memaksa" kita untuk akhirnya mewujudkan ide ide baru yang out of the box ya mbak. Btw itu co-working spacenya cakep banget sih, pasti bikin betah kalau kerja disitu.

    ReplyDelete
  11. Seneng kalau ketemu tempat yang nyaman kayak gini ya mba bisa kerja n ngopi udah gitu Kaltimtara Coworking Space tempatnya nyaman jadi bikin betah

    ReplyDelete
  12. Bahagia banget..
    Gak apa-apa ketemuan lagi di Kaltimtara Coworking Space yang nyaman begini..
    Aku lihat ruangannya dominasi warna-warna natural yaah..bikin kita menyatu dengan Kaltimtara Coworking Space.

    ((MENYATU, hahaha..saking senengnya kalo ada tempat nyaman buat kerja, diskusi dan nongki di masa pandemi))

    ReplyDelete
  13. Kaltimtara Coworking Space tempatnya asyik. Kerja jadi lebih enak nih karena suasananya juga beda. Jadi ingat di salah satu drama, kantornya juga kaya gini. Jadi ide-ide kreatif bermunculan

    ReplyDelete
  14. Menarik memang konsep coworking space, konsepnya lebih terbuka ya mbak. Jadi inget drama korea yang tempat kerjanya seperti ini.
    Nyaman banget buat kerja tempatnya

    ReplyDelete
  15. Kantor pajak Surabaya kok nggak ada ya yang beginian. Kan enak banget bisa kerja di coworking kayak gini. Tempatnya Nyaman banget. Bikin betah kalau butuh ngetik lama. Wifi gratis pula. Minum dan camilan juga gratis. Waduh.Bahaya ini. Bisa betah nongkrong lama di sini kalau gini caranya

    ReplyDelete
  16. Kaltimtara Coworking Space in memang keliatan nyaman, ya. Untuk dijadikan coworking space atau tempat nongkrong bareng temen bisa bikin betah lama-lama di sana, ya ...

    ReplyDelete
  17. Aku langsung browsing lagi biar lebih terpapar lagi dengan informasi 11 Inisiatif Strategis RBTK yang memang dilaksanakan untuk menjadi penggerak utama pertumbuhan ekonomi Indonesia yang produktif, kompetitif, inklusif dan berkeadilan di abad 21.

    Fix, ikutan ngiler pengen icip-icip juga vibe Kaltimtara Coworking Space ini!

    Btw,
    Pojok Inspirasinya memang ketje kebangetan yak!
    Kayaknya bakal banyak menelurkan inspirasi juga tuh.
    Insya Allah.

    Last but not least,
    Aku juga pasti deh bakalan betah nongkrong di sana.

    ReplyDelete
  18. Ini andai tiap kantor pajak punya coworking space dan bisa diakses oleh semua orang, pasti asik ya. Kayak Kaltimtara Coworking Space ini, seru juga nih bisa untuk bikin konten.

    ReplyDelete
  19. Adanya coworking space di perkantoran jadi tempat yang bisa buat santai bagi pegawai sekaligus non pegawai.

    ReplyDelete
  20. Keren banget kantor pajaknya ada space buat coworkingnya. Tapi emang yaa kalau gak gitu banyak yang ga bakalan ke kantor pajak karena urusannya cuma buat bayar pajak hihi kalau ada space kayak gini betah lama lama.di kantor pajak

    ReplyDelete
  21. waktu bawa di paragraf awal aku sempat bingung, kaltimtara itu apa ya? ternyata oh ternyata itu singkatan dari kaltim dan kaltara. daan, inovasi kantor pajak kaltimtara yang menyediakan coworking space di kantor itu super sekali. jadi, kalau imagenya kantor pajak adalah tempat kita mengeluarkan uang untuk membayar pajak tergantikan dengan adanya coworking space ini.

    ReplyDelete
  22. Kalau ada yang begini di kota saya pasti betah. Soalnya kadang saya butuh bekerja di luar ruangan, jujugannya ya kafe. Keluar duit buat beli kopi, camilan, dll hihi. Seandainya ada co working space gratis dijamin ramai

    ReplyDelete
  23. Wah bagus nih coworking space-nya. Tempatnya nyaman, dan banyak fasilitas pendukung kerjanya. Pastinya bakalan betah deh kerja di tempat kayak gini. Huhu kujadi kangen deh kerja di tempat kayak gini lagi, kayak waktu belom pandemi. :D

    ReplyDelete
  24. Semoga makin banyak kantor yang memberikan space nyaman spt kaltimtara coworking space ini. Tentunya para pekerja lebih happy, produktivitas kerja juga meningkat.

    ReplyDelete
  25. Emang bagus banget yah coworking space ini kak. Tempat nya nyaman dan banyak fasilitas buat mendukung kerjaan

    ReplyDelete

Hai, bila tidak memiliki link blog, bisa menggunakan link media sosial untuk berkomentar. Terima kasih.