Pertama di Kalimantan, BIG BAD WOLF Hadir di Balikpapan


"Banyak buku import!"
"Antri panjang!"
"Lokasinya besar, penuh orang!"
"Jastip!"
"Pulau Jawa!"

Teriak audiensi ketika Ibu Uli Silalahi, Presiden Direktur Bazar Buku Big Bad Wolf Indonesia menanyakan : "Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar BIG BAD WOLF ?"

Yup, bagi pecinta buku, umumnya sudah tidak asing mendengar BIG BAD WOLF ~ The Biggest Book Sale In The World

'Serigala' yang berasal dari Kuala Lumpur ini datang membawakan buku-buku impor yang terbilang murah. Kalau biasanya saya mendengar Big Bad Wolf diadakan di Jakarta dan kota-kota lain di pulau Jawa, maka kali ini untuk PERTAMA KALINYA, Big Bad Wolf  hadir di Balikpapan dan juga pertama kalinya di Kalimantan! 
Wow, sebuah kejutan lagi untuk Kalimantan Timur yang baru saja disebut-sebut sebagai calon ibu kota negara.

Big Bad Wolf  pada tahun ini telah menginjak usia yang ke-10. Untuk tahun ini (2019), Balikpapan merupakan kota ke-enam yang disinggahi setelah : Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Medan, lalu Surabaya. Demikian yang disampaikan Uli Silalahi dalam press conference Big Bad Wolf di Hobbies Cafe, Balikpapan pada 24 Oktober 2019.
press conference BBW- Balikpapan

BBW : 'Serigala' yang Membawa Buku

Awal mula BBW hadir di Indonesia, dibuka oleh Menteri Pendidikan Anies Baswedan (saat itu). Untuk persyaratan internasionalnya, Big Bad Wolf harus dibuka 24 jam. Untuk kehadiran perdananya di Balikpapan, Big Bad Wolf nantinya dibuka mulai pukul 08.00 - 24.00 WITA di Balikpapan Sport and Convention Center atau yang lebih akrab dengan Dome di Jl. Ruhui Rahayu I.

Dalam kesempatan ini, Bu Uli juga menyampaikan misi Big Bad Wolf  adalah untuk mencerdaskan bangsa melalui akses terhadap buku-buku internasional yang berkualitas. "Mengapa buku internasional?" tanya Bu Uli kembali kepada awak media dan para undangan. Bagi para pecinta buku, pasti sudah paham betapa buku-buku internasional tidaklah mudah didapatkan. Jika pun tersedia, biasanya harnya selangit. That's true! dalam benak saya yang sering pernah bermimpi mengoleksi komik asli dari luar negeri.
Uli Silalahi, Presiden Direktur Bazar Buku Big Bad Wolf Indonesia
Bukan hanya itu, berdasarkan survei yang dilakukan oleh The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organisation (UNESCO) pada 2012 mengungkapkan bahwa persentase minat baca masyarakat Indonesia hanya 0.01 persen, artinya dari 10,000 orang Indonesia, hanya satu orang yang senang membaca.  Bu Uli pun mengajak audiensi mengasah logika, "artinya lagi, kemungkinan 1 buku dibaca oleh 15.000 anak bangsa." Sementara indikator kecerdasan adalah adanya masyarakat yang literat. Singapura memiliki kebijakan wajib membaca sejak usia 9 tahun, termasuk negara-negara lain apalagi di Finlandia yang terkenal sebagai negara paling bahagia di dunia.

“Untuk terus meningkatkan literasi di Indonesia, Bazar Buku Big Bad Wolf terus bergerak untuk mengajak masyarakat agar lebih gemar membaca buku. Misi utama kami adalah untuk meningkatkan minat baca dan mencerdaskan bangsa, untuk itu kami datang di kota-kota besar di seluruh Indonesia."
~Uli Silalahi~

Buku-buku yang dibawa Bazar Buku Big Bad Wolf Balikpapan 2019 tersedia bagi semua usia dan kalangan. Berbagai genre buku dapat ditemukan dalam bazar buku ini, mulai dari seni, budaya, novel, fiksi, romance, sastra, graphic novel, bisnis, arsitektur, memasak, fashion dan masih banyak lagi. 
buku-buku yang nantinya ada di Big Bad Wolf, Balikpapan


Buku untuk mengasah keterampilan motorik pada anak seperti activity books, sticker books, sound books, board books, pop-up books, juga dapat dibawa pulang dengan harga yang sangat terjangkau. Bazar Buku Big Bad Wolf selalu berusaha memberikan bacaan yang bermutu dan mengikuti perkembangan zaman dengan menghadirkan Buku Ajaib. Buku ini menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) yang merupakan terobosan baru dalam menjadikan cerita dan pembelajaran lebih interaktif serta mengembangkan imajinasi anak-anak. 

Buku Terlaris AR : Ayo-Sholat, yang hanya ada di BBW

Melalui Buku Ajaib, anak-anak dapat merasakan pengalaman unik menyaksikan karakter favorit mereka menjadi hidup. Dengan bantuan aplikasi yang di unduh secara gratis, anak-anak diajak untuk membaca, belajar, bermain dan berinteraksi dengan karakter kesayangan, seperti mewarnai halaman, menemukan objek tersembunyi, menikmati berbagai kreasi animasi, musik dan masih banyak lagi. 



Terdapat 17 Judul Buku Ajaib, 15 judulnya berbahasa Inggris dan 2 berbahasa Indonesia yaitu Edisi Ayo Solat-Alif untuk laki-laki dan Sofia untuk perempuan. 17 judul Buku Ajaib bisa didapatkan secara eksklusif di Bazar Buku Big Bad Wolf Balikpapan 2019.

Diskon 60% - 80% untuk semua buku internasional
Untuk mewujudkan misi dalam meningkatkan minat baca dan akses buku yang luas ke seluruh Indonesia termasuk yang berada di pelosok tanah air, Bazar Buku Big Bad Wolf memiliki program Corporate Social Responsibility (CSR) yang bernama Red Readerhood. Program yang berkolaborasi Bersama Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan TNI Polri (FKPPI) ini mengajak para pengunjung yang hadir untuk berpartisipasi dalam menyebarkan kebaikan melalui buku, kepada saudara-saudara kita yang berada di pelosok tanah air dengan cara mendonasikan buku-buku yang disediakan di korner Red Readerhood. Buku-buku ini akan disalurkan kepada masyarakat Indonesia yang membutuhkan. Buku-buku yang didonasikan diharap dapat bermanfaat dalam memajukan pendidikan dan menjadi semangat baru untuk lebih gemar membaca.

Sesi selanjutnya berasal dari Sinta Handajani Wignjowargo, selaku Vice President Funding & E-Channel Business BCA. Sebagaimana diketahui, pembayaran di masa sekarang sudah sangat beragam. Pembayaran di Big Bad Wolf nantinya dapat dilakukan dengan cara cash dan non-cash, salah satunya  menggunakan BCA. Sinta Handajani mengatakan, BCA berkomitmen mendukung kemajuan Indonesia melalui beragam produk dan kegiatan, termasuk di antaranya bazar buku terbesar di dunia Big Bad Wolf. “Adanya Bazar Buku Big Bad Wolf, kami mengajak generasi muda untuk lebih gemar membaca buku. Dengan banyak membaca, kita bisa makin kritis dalam menyikapi kejadian. Sebab, buku merupakan sumber informasi kredibel yang dapat dipertanggung jawabkan segala isi bacaan di dalamnya,” kata Sinta, yang kemudian menyebutkan beberapa cara pembayaran buku di BBW dan benefitnya bagi para pengguna BCA.
penanya yang siap dijawab oleh kedua narasumber

Mengapa  Balikpapan ?

Sebagai salah satu kota di Kalimantan, pasti ada alasan mengapa Balikpapan yang terpilih. Alasan utamanya adalah karena Balikpapan merupakan lokasi strategis bagi orang-orang di kota-kota lain yang mengkhawatirkan jarak tempuh yang terlampau jauh untuk membeli buku. Jadi, teman-teman di kota lain : Banjarmasin, Pekanbaru, Palangkaraya, Samarinda, Penajam-sekitarnya dan teman-teman di KalTara yuk datang ke 'Bazar Buku Terbesar yang ada di muka bumi ini.'

GRATIIIS

Ya, GRATIS masuknya. 
Big Bad Wolf  berlokasi di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) atau Dome - Balikpapan, mulai dibuka pada pukul 08.00 - 24.00 WITA. Untuk bisa mengakses lokasi pada satu hari sebelum dibuka untuk umum (H-1) segera dapatkan Preview Pass. Caranya, pantau IG official Big Bad Wolf di  @bigbadwolfbooks_id 

DATANG, BACA-BACA-BACA, KEMUDIAN BELI

"Membeli itu no. 3," ungkap Bu Uli yang kemudian menjadi sorotan kami yang hadir. Lalu bagaimana urutan yang tepat?

No. 1 = DATANG, ramaikan Big Bad Wolf yang perdana di Kalimantan ini.
No. 2 = BACA, baca dan bacalah buku-buku yang ada di Big Bad Wolf nantinya.
No. 3 = BELI, baru setelah itu membeli.

"Anggap saja seperti kalian ke perpustakaan. Kalian nikmati buku-bukunya. Hanya saja di sini bukunya bisa dibeli," lanjut Bu Uli yang ramah.

Nah, yuk mari ramaikan Big Bad Wolf yang pertama di Kalimantan ini selama 10 hari. Akan ada hadiah yang menarik juga nantinya. Pantau terus medsos BBW di instagram official @bigbadwolfbooks_id 

(000)


Salam,
Lidha Maul
================
tambahan informasi :  open jastip lihat instagram @newtbooks_jastipbbwbalikpapan




1 comment:

  1. Balikpapan ya.
    Sayang jauh. Bukunya pasti bagus-bagus.
    Kalau saya yang tinggal di kota kecil, sudah puas dengan bazar buku yang di adakan berkala. Biasanya saya membeli banyak buku untuk stok bacaan sekeluarga untuk beberapa bulan sekaligus.

    ReplyDelete

Hai, bila tidak memiliki link blog, bisa menggunakan link media sosial untuk berkomentar. Terima kasih.