Cara Jitu Menyewa Apartemen Idaman di Jakarta

Kenalan-kenalan saya yang berasal dari Jakarta pernah berkata, hidup di Ibukota dengan kepadatan penduduknya itu berat. Selain harus beradaptasi dengan kemacetan, salah satu masalah pelik lain adalah mencari tempat tinggal yang nyaman dan sesuai selera. Perkara yang sama juga dialami oleh beberapa kenalan saya yang dipindahtugaskan di Ibukota. Saat anggaran di tangan tidak menjadi problematika utama, kepraktisan dan kemudahan mencari hunian ideal di Ibukota ternyata bisa menjadi hambatan.

Cerita-cerita tentang tantangan mencari tempat tinggal yang nyaman di Ibukota ini kemudian bergulir ke pemikiran pribadi.

Saya dan keluarga, tidak akan tahu kemana kelak arah rezeki membawa. Apakah hanya tetap di tempat kami seperti saat ini, atau jangan-jangan harus berjuang di luar comfort zone. Misalnya saja tahu-tahu harus menetap di Jakarta atau sekitarnya. Entahlah.
Tapi setidaknya, inilah asal muasal tulisan yang berdurasi enam menit jika dibaca santai.
Tulisan ini sebenarnya belum bisa disebut review, melainkan wacana bagaimana menemukan tempat tinggal yang nyaman dan sesuai idaman di Jakarta dan sekitarnya, setidaknya dari sudut pandang saya.

Sebagai perempuan konvensional yang masih senang menjemur pakaian berjejer panjang dengan limpahan cahaya matahari dan gelitikan rumput di kaki, saya tentu masih sangat senang bisa memiliki hunian idaman bertipe landed house, sambil memantau anak-anak berlari. Namun, sebagai pribadi yang turut mengamati arus modernisasi dan belajar memahami urbanisme, saya tentu tidak antipati dengan hunian-hunian vertikal di kota-kota besar. Apartemen misalnya, yang dirancang sebagai solusi masyarakat urban, agar kebutuhan papan tetap terpenuhi. Dengan semakin minimnya lahan dan adanya pergeseran gaya hidup, tentu pertumbuhan apartemen di kota-kota besar bak cendawan di musim hujan.

Mengapa jauh-jauh hari kok jadi mengembangkan wacana mencari apartemen dan bukannya rumah biasa atau sebutan lainnya rumah tapak? Sebenarnya tinggal dimana pun keduanya manis, masing-masing punya keuntungan dan daya tarik. Namun, di tengah hiruk pikuk kota-kota besar, dengan manusia yang kapasitas waktunya didominasi pekerjaan, sehingga merencanakan investasi rumah biasa terasa lama, maka apartemen memang menjadi solusi praktis. Ini terlihat dari meningkatnya pembangunan apartemen di kota-kota besar. Pemerintah di Jakarta dan sekitarnya pun memiliki kebijakan tentang kawasan wajib hunian vertikal dikarenakan ada banyak keuntungan, salah satunya yakni ruang terbuka hijau menjadi lebih luas. Kebutuhan papan masyarakat urban ini tercermin lewat grafik pertumbuhan apartemen.
Pasokan Apartemen di Jakarta


Pertimbangan Menyewa Apartemen
Jikalau belum bisa memiliki apartemen, maka menyewa apartemen menjadi pilihan. Bahkan dalam beberapa pertimbangan finansial dan efisiensi, sewa apartemen bisa lebih murah daripada menyewa atau mengontrak rumah. Setidaknya ada beberapa keuntungan bila memilih tinggal di apartemen :

 STRATEGIS 
Ini akan jadi pertimbangan utama saya. Lokasi yang berdekatan dengan sarana-sarana publik atau bahkan dengan tujuan pekerjaan lebih mampu menghemat waktu tempuh.  Akses yang mudah dari satu tempat ke tempat lain juga bisa menciptakan peluang-peluang mujur yang baru. Biasanya apartemen dibangun di tengah kota dan berdekatan dengan fasilitas atau sarana-sarana umum misalnya, kantor, sekolah, mall, rumah sakit, dan fasilitas lain yang memang menjadi kebutuhan warga kota, termasuk akses transportasi.

 KOMPLET 
Umumnya apartemen sudah menyediakan fasilitas penunjang kehidupan seperti kolam renang, mini market, laundry, pusat kebugaran, taman dan taman bermain anak,  area jogging, akses internet, bahkan jika masih kurang lengkap, bisa memilih apartemen yang terhubung dengan sarana lain. Khusus sebagian apartemen, komplet di sini juga berarti di dalam unit apartemen itu sendiri sudah tersedia perabotan rumah tangga; table and chair-set,  lemari, tempat tidur, AC, dan fasilitas shower yang nyaman.

 AMAN 
Sekali lagi, umumnya apartemen memang menyediakan pihak sekuriti. Dari sisi infrastruktur pun dilengkapi kamera keamanan yang bertugas memantau, sehingga membuat apartemen lebih kondusif terjaga bahkan bila dibandingkan dengan mengontrak atau tempat kos-kos pada umumnya.

 KELELUASAAN PRIBADI 
Kebutuhan akan kelapangan privasi bukan berarti anti bersosialisasi, namun ingin lebih mengarah untuk fokus pada tujuan (hidup) yang dicita-citakan.

 TAK PERLU RIBET 
Pusing membayar tagihan air, listrik, kemana-mana? Biasanya pihak pengelola apartemen akan memanajemen hal ini agar pengguna tidak direpotkan hilir-mudik mengurus pembayaran. Ada pula apartemen yang menyediakan jasa perawatan dan kebersihan agar para penyewa benar-benar bisa mendistribusikan waktu dan tenaganya untuk kebutuhan lain.

Lima hal di atas bisa dijadikan pertimbangan mendasar dalam menyewa apartemen. Setelah persiapan anggaran yang matang, maka hal selanjutnya adalah menentukan apartemen yang sesuai kriteria dan menemukan apartemen tersebut. Tapi, bagaimanakah caranya menemukan apartemen ideal tersebut yang sesuai dengan selera kita?

Marketplace Properti Sewa-Jual Apartemen Jakarta
Konsep kaum urban, bahkan termasuk saya, kerap mendesain waktu seminimal mungkin di ruang-ruang yang kurang nyaman dan bertele-tele, dan memperpanjang alokasi waktu di aktivitas-aktivitas penting dan nyaman. Misalnya saja, kalau bisa memesan barang dalam sekali tekan, kenapa harus menjemput secara mandiri bila waktunya bisa dialokasikan untuk kepentingan produktif lain. Begitu pun dengan memilih, mencari, menyewa apartemen yang cukup ribet bila  dilakukan secara manual. Bayangkan! Ada ribuan unit apartemen di luar sana, dengan penawaran yang beragam, dengan informasi yang sukar dinyatakan benar.

Sebagai manusia yang hidup di era kekuatan teknologi, ada baiknya memanfaatkan jasa startup spesialis  sewa apartemen terbaik di Jakarta yakni Jendela360. Dengan demikian, tak perlu buang waktu dan keluar pintu untuk mencari sewa apartemen ideal, melainkan cukup pantau lewat Jendela360 saja.

 < Jendela360
Tumbuh sebagai startup properti dengan ide genius yang berawal dari permasalahan mendasar proses sewa apartemen di Ibukota, tentang bagaimana susahnya mencari apartemen, agen yang sukar dihubungi, foto-foto yang tidak akurat dan bahkan susahnya untuk menyewakan lagi apartemennya. Padahal, apartemen adalah kebutuhan masyarakat kota besar. Karena itu, Jendela360 hadir sebagai solusi untuk bertindak praktis dan menjadi spesialis dalam mencari dan menangani proses sewa apartemen di Jakarta. Siapa pun yang berminat untuk mencari sewa apartemen di Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, juga sewa apartemen di Tangerang dan Bekasi, tinggal memilih lokasi dan unitnya cukup dengan 360 Virtual Tour untuk mengunjungi ribuan unit apartemen yang telah terjalin di Jendela360.
Tampilan depan Jendela360

< Keunggulan 
Jendela360 diklaim sebagai marketplace spesialis di bidang properti apartemen, karena menawarkan keakuratan informasi dan transparansi, foto yang representatif dan video 3600 (Virtual Tour), tidak perlu booking manual, dan tidak harus membayar setahun di muka.

Kelebihan Situs Jendela360.com


Tentukan Apartemen Idamannya Lalu Temukan !
Ya, sebelum  menemukan apartemen yang diinginkan, pastikan lebih dulu APARTEMEN IDEAL seperti apa yang saya (atau Anda inginkan) ? Buat list yang bisa membantu :

1. Kebutuhan Utama
Memastikan tujuan menyewa apartemen. Lokasi bisa jadi faktor utama, karena kedekatan dengan sarana-prasarana akan membuat waktu lebih efisien dan biaya dapat dipangkas. Lalu, berapa banyak anggota keluarga yang dibawa? Karena tiap anggota keluarga memiliki kebutuhan masing-masing.
2. Anggaran
Berapa dana yang tersedia? Berapa lama harus menyewa apartemen? Apakah kemewahan apartemen tersebut sangat penting? Sesuaikan pula kebutuhan makan, transportasi yang akan terjadi.
3. PENUNJANG & Fasilitas
Misalnya saja ada hewan piara yang harus dibawa atau ada anggota keluarga yang lansia. Ada balita yang harus dititipkan, sarana gym, taman, kolam renang, rumah sakit, jasa kebersihan dan lainnya.
4. TERMINOLOGI Apartemen
Tambahan untuk saya yang kurang familiar dengan apartemen, ada baiknya mempelajari istilah-istilah apartemen, misal apa itu apartemen studio, kebijakan apartemen dan lainnya.

< Mudah Booking Online
Setelah menentukan kriteria apartemen ideal, maka selanjutnya menemukan apartemen tersebut dengan cara mudah.
1) Masuk ke Jendela360.com
2) Ketik lokasi atau nama apartemennya. Misal, ingin sewa apartemen Central Park atau memilih lokasi lewat PETA.
3) Jika tidak tahu nama apartemen atau segan melihat peta, maka, pilih “CARI UNIT” lalu manfaatkan “FILTER” yang ada.

Cara Mudah Cari Apartemen di Jendela360

4) Manfaatkan fitur VIRTUAL 360, klik Tanda “360 Photo” pada unit apartemen yang dipilih, untuk melihat detail unit apartemen idaman.
360Virtual TOUR
5) Deskripsi harga langsung terlihat pada tampilan.  Bila ingin melakukan kunjungan offline, cukup mengisi form yang sudah disediakan, bebas tanpa harus membuat akun.
Jadwal Kunjungan ke Apartemen

6) Booking Online dengan mengklik “Bayar Langsung” jika semua pertimbangan dan kesepakatan telah dilakukan.

7)  Bersiap melakukan proses serah terima unit.

Setelah melakukan kunjungan ke unit apartemen yang diinginkan, membuat kesepakatan sampai terjadi proses serah terima, maka waktunya persiapan untuk pindah.

Walaupun saya belum melaksanakannya, namun saya sudah bisa mengkalkulasikan berapa banyak waktu yang bisa dihemat dibanding harus menghubungi agen properti seperti cara konvensional. Bahkan dengan adanya virtual tour 3600, memungkinkan saya melihat kondisi apartemen tanpa beranjak dari kursi. Beberapa detail seperti kabel yang lepas, jumlah lampu, kelayakan lantai, warna kolam renang, bisa dipantau dengan video 3600. Saya juga merasa nyaman mengakses Jendela360 tanpa lelet dan tampilannya pun user friendly. Selain membantu mencari sewa apartemen di Jakarta, Jendela360 juga menjembatani pihak yang ingin menyewakan apartemennya. Semua gratis dan dipermudah di Jendela360.
oo0oo
====================
Tambahan :
Grafik pertumbuhan apartemen, sumber : databoks.co.id
Infografis, dibuat oleh penulis
Sumber informasi Jendela360 : http://jendela360.com

22 comments:

  1. Nah iya. Di jaman now apartemen terlalu menarik utk diabaikan ya Mbak. Apalagi lingkungannya komplit. Saya juga berpikiran kayak Mbak Lid

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apartemen itu udah lengkap, jadi gak mikir printilannya, bisa fokus yg lain

      Delete
  2. Wah, lengkap banget fiturnya!! Keren nih, mempermudah calon penyewa buat nyari informasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju. Saya aja nyaman denga fiturnya meski belum disebut calon penyewa

      Delete
  3. Sekarang cari apartemen jadi lebh mudah ya Kak, karena ada jendela360. Yang paling kerenya lagi adalah karena jendela360 menggunakan fitur foto360 derajat, jadi bisa terlihat sampai ke pinggir pinggir sampai ke atas atas banget. Sip banget pokonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu.. sebagai orang luar Ibukota, saya bisa mantau ruangan dari jarak jauh. Kece kan

      Delete
  4. Bisa jadi referensi nih jendela360 untuk pemesanan apartement dijakarta dan sekitarnya

    ReplyDelete
  5. Solusi pas buat yang menginginkan tempat tinggal dekat dengan kantor, biar nggak kena macet

    ReplyDelete
  6. dilema memang klo tinggal di Ibukota tapi jauh antara lokasi tempat tinggal dan kantor, satu2nya cara yaitu sewa apartemen yah mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu yg dicari ya bang, dekat dengan lokasi kerja

      Delete
  7. Harga rumah selangit, tanahpun semakin mahal harganya...
    Emang solusi mudahnya ya cari apartemen sih!

    Infonya bermanfaat nih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, apartemen adalah solusi. Mencari apartemen lewat spesialisnya adalah solusi juga.

      Delete
  8. Sebenarnya apa bedanya hotel sama apartemen? Masih agak bingung nih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dari sisi konstruksi bisa kelihatan sama aja, tapi kalau apartemen sifatnya hunian permanen, macam sewa, atau yg bisa dimiliki.

      Delete
  9. Apartemen makin banyak peminatnya, ya. Mudah dijangkau dan biasanya di tengah kota.

    ReplyDelete
  10. Fitur foto 360 itu menarik banget Mba Lid. Inget pas aku lagi cari-cari rumah di Kebumen, agak susah membayangkan bentuk utuhnya seperti apa, karena kan cuma foto biasa. Mau survey langsung, terkendala jarak yang sangat jauh. Akhirnya ya minta tolong orang tua buat surney langsung ke sana. Tapi tetep lah nggak sepuas liat langsung.

    Nah tentang apartemen ini, aku sama suami pernah ada loh bayangan kelak di masa tua, hidup berdua di apartemen. Biar nyaman, apa-apa ada dan nggak jauh kemana-mana, hihi.

    ReplyDelete
  11. kalau di jakarta mesti banget nih melirik apartemen soalnya rumah udah mahal bangett, harus pintar2 milih apartemen.

    Kalau di kota saya belum ada apartemen mbak, masayarakat masih seneng sama rumah dan punya halaman,

    ReplyDelete

Hai, bila tidak memiliki link blog, bisa menggunakan link media sosial untuk berkomentar. Terima kasih ^_^