MEMPERKAYA CITA RASA KREATIVITAS LOKAL BERSAMA RUMAH PRODUK HANDMADE INDONESIA

Memperkaya Cita Rasa Kreativitas Lokal


“Kita tahu bahwa SDA Indonesia makin melemah, terutama Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbaharui (non-renewable resources). Sementara kita berpusat untuk terus-menerus menggali SDA tersebut, mengapa kita tidak menggalakkan potensi yang ada dalam diri kita, sebagai sumber daya manusia (SDM) unggulan dan menjadi kekuatan sumber daya baru yang dapat diandalkan.”
                                                                                                                      
Begitulah pernyataan salah satu narasumber di sebuah acara BEKRAF - Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (bekraf.go.id) meski redaksinya tidak sama persis. Ungkapan ini turut serta membenahi pikiran-pikiran awam saya tadinya bahwa keunikan hanya diderita oleh orang-orang tertentu. Hanya orang-orang tertentu yang bisa unggul. Seiring proses pembelajaran, saya mulai meyakini bahwa tiap-tiap manusia memiliki keunikannya tersendiri. Mungkin, anggapan mendasar bahwa sumber daya manusia di negeri ini lemah terkait dengan sektor pendidikan formal yang alih-alih belum merata secara menyeluruh. Kewajiban mengenyam pendidikan dalam kurun waktu tertentu tak sepenuhnya mampu dilaksanakan oleh individu-individu berpotensi di negeri ini. Impian-impian manusia lalu dipatok berdasarkan tingkat pendidikannya. Namun seiring waktu, sarana edukasi kian berlimpah. Tumbuh kemudian spirit bagi individu-individu untuk mengupgrade dirinya. 

Seiring waktu pula, terjadi kepedulian besar terhadap potensi-potensi yang tersembunyi dalam diri manusia. Potensi-potensi yang diyakini sebagai kekuatan besar bangsa ini. Potensi yang kemudian melahirkan karya-karya juga menelurkan pribadi-pribadi yang unik dengan ciri khasnya masing-masing. Kita dapat menyebut daya cipta ini sebagai kreativitas.

Kreativitas, Potensi Terbesar Indonesia
Di sekitar kita banyak sekali pribadi-pribadi kreatif, Anda mungkin termasuk di dalamnya.
Namun bisa saja yang terjadi, kita tidak terlampau mengenal kreativitas anak bangsa sendiri. Kita tentu mengenal batik. Beragam inspirasi batik hadir di produk-produk, label, dan karya-karya kontemporer. Tapi, bagaimana dengan kerajinan lokal lain?

pengrajin lokal
Padahal, UNESCO mencatat sekitar belasan produk kerajinan Indonesia lewat UNESCO Award of Excellence for Handicrafts.
Berapa banyak dari kita yang mengenal kerajinan anyaman dinggul, ulap doyo, tenun songket sambas yang telah diakui dunia?

Benar, produk-produk kerajinan Indonesia telah diakui dunia, dikenal oleh turis mancanegara.

Sayangnya, kita saja bahkan belum banyak yang mengenalnya. Atau ada satu kondisi, dimana kita memang sukar mendapatkannya. Misalnya, ketika saya mau mencari barang-barang etnik Nusantara atau bahkan sabun mandi serai buatan lokal tapi harus keluar kota. Pun tentu tidak semua pihak bisa berburu langsung ke pengrajinnya bukan?


Wadah Kreativitas Lokal
usaha kreatif
Ternyata memang dibutuhkan penghubung, yang mampu menjembatani antara pelaku usaha produk kreativitas lokal dengan masyarakat lain. Saat ini sudah banyak sekali pasar-pasar kerajinan, industri kreatif dan sejenisnya. Namun, seringkali yang kita temukan, pasar-pasar ini berada di wilayah masing-masing. Di era digital saat ini, masih diperlukan wadah lain yang dapat menampung potensi-potensi lokal ini demi kemudahan pendekatan kepada masyarakat. Wadah ini haruslah dapat diakses semua pihak yang ingin berkontribusi terhadap karya-karya potensial anak negeri. Salah satu wadah potensial di era digital saat ini merupakan situs jual beli produk handmade bernama Qlapa.com

Qlapa.com 
Qlapa.com - Rumah Produk Handmade Indonesia
Anda pernah mendengar lagu Nyiur Hijau? Atau Rayuan Pulau Kelapa? Dua buah lagu yang notabene menceritakan keindahan Indonesia. Kelapa sendiri adalah tanaman baik berupa pohon maupun sebutan buahnya yang menyebar di seluruh daerah tropis. Dengan begitu kelapa pun menjadi khas negeri ini. Kelapa bukan hanya dimanfaatkan buahnya, namun keseluruhannya benar-benar bermanfaat. 

Anda tentu tahu kerajinan batok kelapa : dari mainan anak-anak hingga perkakas dapur. Anda pasti pernah melihat keset dari sabut kelapa, atau atau seperti saya yang sangat terbantu menyapu pekarangan dengan sapu lidi. Semuanya dari kelapa. Kerajinan kelapa. 

Inspirasi kelapa inilah yang melandasi situs jual beli produk handmade Indonesia bernama Qlapa.com.


Qlapa.com hadir untuk menawarkan produk-produk kreativitas handmade lokal, sekaligus sebagai wadah penghubung pengrajin lokal dengan lapisan masyarakat. Ya, saya, Anda, kita semua bisa mengakses Qlapa.com dan melihat berbagai kerajinan tangan anak negeri ini, bahkan kita juga bisa mencicipi kuliner khas buatan anak negeri ini.


Oleh Benny Fajarai, Co-Founder sekaligus CEO Qlapa.com, marketplace yang ia bangun bertujuan untuk menjadikan Qlapa.com sebagai Rumah Produk Handmade Indonesia yang berkualitas sekaligus terkurasi. Dengan begini, Qlapa.com memberikan kemudahan bagi kita untuk menemukan produk-produk handmade lokal bahkan hanya dari tempat kita duduk. Pendekatan ini sekaligus sarana bagi saya untuk mengenal lebih baik kreativitas-kreativitas buatan tangan anak negeri ini. Termasuk pendekatan dengan menaruh dua karakteristik produk berupa etnik dan non-etnik.
  
Cari Produk Handmade Mudah di Qlapa.com

Karena produk-produk di Qlapa.com merupakan produk terkurasi, sehingga banyak sekali kerajinan unik yang dapat ditemukan di sini. Di antaranya : Produk rumah tangga dan dekorasi, gadget dan peralatan, kuliner, perawatan dan kecantikan. 

Semuanya tersedia untuk kategori wanita, pria, dan anak. 

Banyaknya produk-produk handmade dan kerajinan unik di Qlapa.com juga bisa menjadi hadiah yang tepat bagi orang yang tercinta.



Cintai Produk Indonesia dengan Memperkaya Cita Rasa Kreativitas Lokal

Sudah banyak gerakan-gerakan cinta produk lokal di negeri ini, dua diantaranya 100% Love Indonesia dan Beli Indonesia. Berkumandangnya gerakan-gerakan ini tentulah harus disertai perwujudan. Dan perwujudan dibangun dengan kesadaran. Dan kesadaran bisa lahir dari perasaan yang sama, tumbuh dari ‘rumah yang sama’. 

Era digital, memungkinkan kita menjadi pribadi bertalenta dengan segudang kreativitas. Qlapa.com pun sesungguhnya adalah juga bentuk kreativitas yang menampung kreativitas anak negeri. Kreativitas ini membutuhkan dukungan untuk terus berkembang dan menjadi spirit bagi yang lain. Jika kreativitas adalah aset, tentu saja kita berharap aset ini terus bertumbuh. Qlapa.com telah memberikan kemudahan agar produk-produk handmade lokal terus dikenal dan dicintai oleh masyarakat Indonesia sendiri. Maka, bersama Qlapa.com kita bisa memperkaya cita rasa kita akan kreativitas lokal agar bisa mencintai produk-produk indonesia. Dengan membeli dan mendukung kreativitas lokal, bukan hanya produknya yang berpotensi terkenal di mata dunia, namun juga SDM yang kreatif akan menjadi unggul. 


Salam,’
Lidha Maul
****



Tulisan ini diikutkan dalam lomba #CintaProdukLokal bersama Qlapa
Total tulisan = 887 kata

34 comments:

  1. Aku pun juga berbelanja produk lokal di qlapa mbak. Enak banyak pilihan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya lagi mantengin hiasan rumah di Qlapa Koh, kece2 ternyata

      Delete
  2. Saya suka dengan produk-produk yang ada di Qlapa ini, secara saya ini penyuka produk handmade kreatif, apalagi buatan dalam negeri... Mantap ulasannya. BTW saya juga ikutan, yuk ah mampir sejenak ke blog Ndeso saya. Makasih and salam kenal dari satu group WA sama Mak Yul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, menggalakkan cinta produk lokal ya.
      Salam kenal juga mas Hendra

      Delete
  3. ohh jadi itu inspirasi nama Qlapa.
    produk-produknya bagus-bagus ya di Qlapa.
    jadi pengen borong.
    *lirik isi dompet*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bagus2 mbak :)
      Sekarang kalau kerajinan lokal, ingatnya Qlapa ya kan

      Delete
  4. Betul.. Potensi indonesia itu banyak. Persis seperti potensi kelapa dari mulai tunai hingga tumbuh dewasa. Unesco jg banyak mentatat potensi indonesia sbg warisan budaya dunia. Semangat memaksimalkan potensi lokal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelapa juga dijadikan pengukur usia seseorang ya mas di masa dulu :)

      Delete
  5. suka banget sama produk qlapa. unik dan berkualitas :)

    ReplyDelete
  6. Baru kenal qlapa nih, semoga bisa beli disana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiin.
      Ayoo mau beli apa, buat siapa..

      Delete
  7. Rumah produk handmade yang berkualitas, makanya saya sering belanja di qlapa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah keren.
      Bocorin bang beli apa aja

      Delete
  8. Aku masih ada item inceran (baca: kacamata) di qlapa loh. Tapi nunggu budget dulu. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awal bulan nih Mas, semoga budget menyusul :)

      Delete
  9. Qlapa memang keren ya mbak, belajar cintai produk lokal asli Indonesia tuh

    ReplyDelete
  10. Qlapa memang terbukti mampu mempertemukan pengrajin dengan para konsumen kerajinan tangan. Dengan begitu kerajinan tangan lokal pun akan semakin dikenal oleh masyarakat. Dampak positifnya, sudah tentu kreativitas lokal semakin berdaya saing dengan produk-produk impor. Salute buat qlapa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Inspiratif ya kak Qlapa.
      Semoga semakin banyak pengrajin yang bergabung di Qlapa

      Delete
  11. Wah keren keren dah pokonya. Dengan begini banyak kreator Indonesia yang karyanya banyak di nikmati masyarakat, hingga melahirkan kesejahteraan bagi pelaku usaha dan warga sekitarnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, mengingat makin banyak pelaku kreatif di sekitar kita

      Delete
  12. Suka banget deh, skrgada mall online yang memfasilitasi produk lokal Indonesia, Bisa langsung cuzz kesana deh kalo perlu beli produk lokal favorit hihiiii
    TFS Mbak Lidha ^_^

    ReplyDelete
  13. QLAPA, namanya mudah diingat ya, Mbak.. Semudah mengingat Kelapa. Dan kelapa memang banyak manfaatnya, baik yang masih muda, apalagi yang sudah tua untuk diambil santannya.. Demikian juga QLAPA, bermanfaat juga untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat kita..

    ReplyDelete
  14. aplikasi yg memudahkan kita mencari craft kreasi anak bangsa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mak Tira pecinta craft ya kan ^_^
      Makanya kalau cari craft langsung kesini nih

      Delete
  15. Emang betul... orang luar malah lebih kenal dan lebih bangga memakai produk Indonesia dibanding kita sendiri. Kadang aneh sih... Sekarang waktunya kita yang bangga memakai produk sendiri. Kualitasnya gak kalah oke kok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, pernah ketemu bule yang detil banget ngejelasin kerajinan Indonesia yang dia punya, dapat dari mana, keunikannya apa, kelebihannya, and so on, and so on... yang kalau ditanya ke orang lokal, pasti bingung orang lokalnya.

      Delete
  16. Nggak kalah keren dengan produk luar negeri, produk lokal juga punya kualitas yang unggul dan unik.

    ReplyDelete
  17. Bener juga ya, SDM kita bagus-bagus kok, cuma kurang komersil aja kali. Saya aja kurang kenal dengan pengrajin-pengrajin lokal hehehe... Tapi, saya suka kok produknya

    ReplyDelete
  18. semua bisa mengakses Qlapa.com dan melihat berbagai kerajinan tangan anak negeri ini, bahkan kita juga bisa mencicipi kuliner khas buatan anak negeri ini.
    Ini nih yang keren, jadi kita bisa berkreasi dan berpeluang dalam bisnis.

    ReplyDelete

Hai, bila tidak memiliki link blog, bisa menggunakan link media sosial untuk berkomentar. Terima kasih ^_^